Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Baiknya Dihindari Sebelum atau Sesudah Bercinta

Kompas.com - 24/07/2015, 20:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


1. Buang air kecil usai bercinta

Ada yang mengatakan bahwa Anda harus buang air kecil seusai bercinta untuk menghindari infeksi saluran kencing. Menurut Jennifer Bump MD, profesor obstetrik dan ginekologi dari Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat, hal ini tidak ada gunanya. Sehingga, kecuali Anda benar-benar ingin buang air kecil, jangan langsung lakukan ini usai bercinta.

2. Makan

Cheryl Iglesia MD, seorang ginekolog di Washington DC mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan seperti sayuran dan gandum dapat menimbulkan gas pada tubuh saat bercinta. Untuk menghindari hal yang mengganggu seperti mendadak buang angin, hindari konsumsi makanan tersebut dan asupan tinggi serat lainnya. Sebaliknya, konsumsilah cokelat, karena akan membantu meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan suasana hati.

3. Tidak membersihkan alat bantu seks

Tidak ada salahnya bercinta dengan bantuan alat bantu seks. Namun, jangan menyimpan alat bantu seks tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Tanpa pembersihan yang benar, mikroorganisme penyebab infeksi akan dapat berkembang pada alat bantu seks. "Oleh karena itu, bersihkan dengan lap atau cairan pembersih yang mengandung antibakteri," saran Iglesia.

4. Menggunakan lubrikasi berbahan mentol

Wanita yang mengalami menopause seringkali mengalami kondisi dimana jaringan otot vagina menipis yang akhirnya berdampak pada kulit sensitif. Menurut Iglesia, lubrikasi yang menstimulasi, termasuk yang berbahan mentol dapat berpengaruh pada kondisi ini dan menyebabkan nyeri. "Untuk wanita yang berada pada usia sekitar menopause, disarankan menggunakan lubrikasi berbahan dasar air," tutur Iglesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com