Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi “Car Seat” Beralarm agar Orangtua Tidak Tinggalkan Bayi dalam Mobil

Kompas.com - 26/07/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Buzz Feed


KOMPAS.com --
Data dari KidsAndCars.org, situs non profit khusus keselamatan dan kesejahteraan anak-anak, menyebutkan bahwa selama satu tahun belakangan lebih kurang 38 anak tewas di dalam mobil karena kepanasan. Hal ini, umumnya disebabkan kelalaian orangtua yang lupa bahwa mereka telah meninggalkan bayi terlalu lama di dalam mobil.  

Prihatin atas banyaknya kasus anak balita yang tewas di dalam mobil, retailer terbesar di dunia, Walmart, memutuskan untuk melakukan kontrak eksklusif bersama sebuah distributor car seat atau tempat duduk mobil khusus bayi,  Evenflo, untuk menciptakan car seat inovatif yang dapat aman dan nyaman untuk bayi serta orangtua.

Inovasi terbaru dari Evenflo ini menghadirkan car seat dengan fitur alarm yang berfungsi sebagai notifikasi pada orangtua bahwa bayi mereka masih berada di dalam mobil. Selain itu, car seat ini juga dilengkapi dengan sebuah alat pengirim sinyal wifi ke ponsel orangtua.

Alarm akan berbunyi  ketika pintu mobil tertutup dan bayi masih duduk pada car seat di dalam mobil. Selama sabuk pengaman pada car seat belum dibuka atau jika mobil bergerak, maka alarm tersebut tidak akan berhenti mengeluarkan bunyi kencang.

"Memang nampaknya mustahil Anda bisa lupa jika ada bayi di mobil. Namun, ketika Anda kelelahan, atau kursi bayinya menghadap arah lain, Anda bisa saja lupa  sampai meninggalkan bayi di dalam mobil," ujar Jason Trans, Editor, Wired.

"Jadi dengan pengingat menggunakan WiFi ini, sensor dapat menyelamatkan bayi Anda," imbuhnya.

Sementara itu,  direktur humas dari Walmart, Sarah McKinney, mengungkapkan, "Harapan kami tak ada yang memerlukan sistem SensorSafe. Tetapi kenyataanya ada satu bayi yang meninggal karena tertinggal di mobil yang panas. Kejadian mengenakan ini terjasi setiap sembilan hari,".

Harga yang dibanderol untuk car seat bayi inovatif ini adalah149 dollar AS atau setara dengan Rp 2 juta. Namun, sayangnya, produk car seat beralarm ini belum hadir di Indonesia. Sebab, sampai dengan hari, produk hanya dapat diperoleh di Walmart. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Buzz Feed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com