Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Tidur Malam Pengaruhi Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 26/07/2015, 22:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Times Live

KOMPAS.com – Agenda dan pekerjaan yang menyita waktu serta stamina terkadang membuat seseorang merasa keletihan sehingga membutuhkan banyak istirahan. Namun, sayangnya, tubuh yang terlalu letih justru lebih sulit untuk terlelap. Kondisi inilah yang menyebabkan angka penderita insomnia terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sebenarnya, fungsi dari tidur malam yang berkualitas tidak sekadar untuk mengembalikan stamina dan energi, tapi juga efektif dalam membangun kontrol atau kendali diri yang baik. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurang tidur merupakan refleksi dari kontrol diri yang buruk. Selain itu, studi juga mengatakan, insomia merupakan efek samping dari kebiasaan seseorang yang tidak mampu menyeimbangkan antara aktivitas dan istirahat.

“Kontrol diri berdampak pada kemampuan mengambil keputusan. Saat Anda berhadapan dengan masalah yang kompleks, salah satu cara mengatasinya adalah kepiawaian dalam mengontrol emosi,” papar June Pilcher dari Clemson University di Amerika Serikat.

Energi yang stabil, kata Pilcher, datang dari pola tidur yang baik yang berpengaruh pada kemampuan Anda dalam membentengi diri agar tidak terlibat masalah dalam hidup. Pilcher menambahkan bahwa buruknya kualitas tidur juga dipengaruhi oleh pikiran. Mereka yang memiliki kebiasaan berjudi, ketergantungan narkoba, dan belanja impulsif bisa berdampak pada kualitas tidur.

Pada sebuah artikel dalam jurnal Obesity di tahun 2013 silam, menuturkan bahwa kurang tidur tidak hanya berpengaruh pada kontrol diri, tapi juga merusak diet dan membuat berat badan terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com