Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2015, 22:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber She Knows
KOMPAS.com -- Apabila menurut Anda gairah seks tidak ada kaitannya dengan cuaca, maka Anda harus berpikir ulang. Sebab, para ahli menyatakan bahwa cuaca dan musim panas mampu berpengaruh terhadap meningkatnya gairah seks. Bagaimana penjelasannya?

"Ada kelenjar pada otak yang dinamakan kelenjar pineal yang mensekresi melatonin, kimiawi yang membantu Anda tidur tapi menghalangi hormon seks. Pada musim atau cuaca panas, sinar matahari akan menurunkan kadar melatonin dalam tubuh dan kelenjar pineal merespon dengan meningkatkan gairah seks Anda. Rendahnya kadar melatonin juga meningkatkan ovulasi dan jumlah sperma," ujar Mehmet Oz MD FACS, Wakil Kepala Departemen Bedah di Columbia Unuversity College of Physicians and Surgeons, New York, Amerika Serikat.

Menurut Patrick Markey, profesor psikologi dari Villanova University di Pennsylvania, Amerika Serikat, cuaca panas cenderung membuat orang-orang lebih banyak berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya. Hal ini juga terjadi di negara-negara yang mengalami musim panas.

"Ini adalah tentang berada di antara lebih banyak orang atau sering berinteraksi dengan banyak orang yang membuat kita lebih tertarik dengan aktivitas seksual," jelas Markey, yang melakukan studi tentang pola perilaku pencarian kata kunci bertema seksual di internet selama setahun penuh.

Di samping itu, paparan sinar matahari pun bukan hanya meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, tapi juga kadar seratonin. Tak hanya membuat Anda merasa bahagia, kimiawi tersebut juga berhubungan secara langsung dengan dopamin yang mengatur gairah seks. Selain itu, kondisi ini juga akan terjadi bila Anda beraktivitas di bawah paparan sinar matahari sepanjang siang hari.

Inilah yang menjadi alasan mengapa periode musim panas yang biasa terjadi pada pertengahan tahun begitu ditunggu-tunggu. Selain itu, banyak orang yang memutuskan untuk berlibur pada periode tersebut, di mana pantai menjadi salah satu destinasi liburan yang paling banyak dipilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com