Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umbar Kemesraan di Media Sosial Buat Hubungan Cinta Makin Langgeng

Kompas.com - 28/07/2015, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Sebuah penelitian terbaru dari University of Wincosin-Madison, menemukan bahwa ternyata pasangan yang sering mengumbar kemesraan di media sosial cenderung lebih langgeng ketimbang pasangan yang tertutup soal perasaan masing-masing di ranah publik.

Penelitian dilakukan dengan cara bertanya pada 180 lulusan sekolah tinggi yang sedang menjalani sebuah hubungan asmara. Para responden ditanya seputar tingkat komitmen dan kedalaman dari hubungannya dengan pasangan. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan responden yang diminta untuk masuk ke akun media sosial Facebook masing-masing.

Dari Facebook, peneliti kemudian melihat berapa banyak foto yang diunggah oleh responden bersama pasangannya dan intensitas mereka di media sosial bersama pasangannya. Selain itu, peneliti juga mempelajari karakter masing-masing lewat status dan jumlah mutual friends.

Enam bulan usai penelitian awal, para responden kembali dikumpulkan untuk mengetahui mengenai kondisi hubungan dan komunikasi satu sama lain. Hasilnya, ditemukan semakin banyak foto bersama pasangan yang diunggah, maka semakin hangat dan langgeng hubungan asmara para responden.

Rekan penulis penelitan mengungkapkan, bisa jadi hal ini terjadi lantaran ketika seseorang mengumbar kemesraan dan kebersamaan bersama pasangan lewat media sosial, maka cara tersebut malah semakin menguatkan dan mempererat hubungan.

Berdasarkan penelitian ini, bukan tidak mungkin nantinya semakin banyak pasangan pamer kemesraan di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com