Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lini Busana Taylor Swift untuk Tiongkok Disensor

Kompas.com - 28/07/2015, 17:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

 

KOMPAS.com — Beberapa waktu lalu, Taylor Swift dikabarkan akan merilis lini busana pada bulan September, lewat e-commerce kedua terbesar di Tiongkok, JD.com. Kesempatan tersebut pun bertepatan dengan tur konser 1989 Swift yang juga digelar pada bulan November mendatang di sana.

Namun ternyata, lini busana yang segera dirilis oleh Swift agaknya mengalami hambatan. Pasalnya, singkatan "TS" dari nama Taylor Swift dianggap berhubungan dengan peristiwa besar yang sempat terjadi di Tiongkok, yaitu Tiananmen Square. Peristiwa Tiananmen Square adalah sebuah peristiwa kelam, ketika kejadian pembantaian tak terlupakan terjadi terhadap para mahasiswa yang mengkritik Pemerintah Tiongkok serta mendukung demokrasi politik.

Peristiwa dengan jumlah korban hingga 300 jiwa ini secara tak sengaja juga bertepatan terjadi pada tahun 1989, angka yang sama dengan judul album sekaligus tahun lahir dari Taylor Swift.

Meski ada beberapa busana dengan sablon TS 1989 yang disensor, beberapa e-commerce, seperti Taobao.com, ternyata sudah telanjur menjual busana Taylor Swift tersebut. Adapun lini busana Taylor Swift tanpa ininsial TS dan tanpa inisial angka 1989 tampaknya masih terus dijual oleh situs-situs e-commerce di Tiongkok. 

Tak diketahui jelas apakah sensor lini busana Taylor Swift ini akan berpengaruh terhadap konsernya pada November mendatang. Pasalnya, Pemerintah Tiongkok selama ini dikenal cukup sensitif dengan isu-isu politik yang beredar. Contohnya, grup musik Maroon 5 sempat membatalkan konsernya di Tiongkok seusai menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada Dalai Lama, pemimpin Tibet, lewat akun Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com