Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2015, 21:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Terkadang, bercinta dapat terasa tidak menggairahkan sehingga dapat mengganggu suasana hati dan keintiman Anda dengan pasangan. Akan tetapi, perlu disadari bahwa terganggunya kenikmatan bercinta dapat dipengaruhi pula oleh kebiasaan di luar ranjang yang kerap Anda lakukan.

"Banyak orang berpikir bahwa kesehatan seksual adalah hanya tentang penyakit menular seksual atau kontrasepsi. Akan tetapi, secara intrinsik kehidupan seks kita sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh secara umum," ungkap Eric Garrison MSc, seorang seksolog klinis dan penulis buku Mastering Multiple-Position Sex.

Beberapa kebiasaan yang kerap Anda lakukan berikut ini ternyata mampu mengganggu kenikmatan dan gairah bercinta. Apa saja kebiasaan yang dimaksud?

1. Kurang tidur

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Brain Research mengemukakan bahwa kurang tidur tidak hanya membuat tubuh lelah dan mudah terserang penyakit, namun juga mengakibatkan gangguan seksual baik pada pria maupun wanita. Menurut Garrison, waktu tidur yang disarankan adalah antara tujuh hingga sembilan jam setiap hari.

2. Tidak berolahraga

Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat berolahraga sebelum bercinta. Menurut Nicole Prause PhD, pendiri Libero Center di UCLA, Amerika Serikat, berolahraga akan memperbaiki peredaran darah yang akan menstimulasi organ-organ seks Anda. "Jika Anda menambahkan 30 menit berjalan kaki atau mulai latihan yoga, kualitas sesi bercinta akan membaik bahkan sebelum Anda memulainya," jelas Garrison.

3. Suasana ranjang tidak kondusif

Anda pasti pernah dengar bahwa Anda harus membuat suasana ranjang kondusif untuk bercinta. Menurut Garrison, apabila kamar tidur tidak kondusif untuk aktivitas intim, maka akan berpengaruh pada sesi bercinta. "Anda harus menghindari bekerja atau menggunakan laptop di atas tempat tidur dan singkirkan apapun yang dapat mengalihkan fokus Anda," terang Garrison.

4. Merokok

Berdasarkan riset dari Mayo Clinic, merokok akan mengacaukan peredaran darah yang berakibat buruk bagi jantung dan organ-organ seks. "Merokok sangat kuat kaitannya dengan disfungsi ereksi. Bahkan kini banyak kampanye antirokok yang membicarakan dan menekankan hal ini," ujar Prause.

5. Tidak masturbasi

Banyak orang yang meremehkan aktivitas masturbasi. Akan tetapi, kenyataannya masturbasi telah lama disarankan sebagai perawatan untuk beragam gangguan seksual. "Masturbasi membantu Anda untuk merasa lebih nyaman dengan apa yang Anda sukai dan membantu Anda mengekspresikan apa yang Anda sukai untuk dilakukan pasangan," jelas Garrison.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com