Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Lama Berenang Sebabkan Cat Kuku Cepat Terkelupas

Kompas.com - 29/07/2015, 08:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com – Selain menyiapkan baju berenang atau bikini trendi, sebelum berangkat liburan, banyak wanita yang juga menghiasi penampilan kuku dengan permainan warna kutek yang menggemaskan. Alasannya tentu saja agar penampilan terlihat maksimal.

Namun, jika Anda ingin warna kutek tahan lama sepanjang waktu berlibur, sebaiknya Anda kurangi aktivitas bermain air. Sebab, terlalu lama berada di dalam air, ternyata bisa membuat kutek cepat mengelupas.

Kenyataan ini terbilang ironis, mengingat salah satu trik membuat kutek cepat kering dan awet adalah dengan merendam kuku dalam mangkuk berisi air dingin. Jadi, mengapa kutek lebih cepat terkelupas saat kita berenang atau bermain air di pinggir laut?

Mengutip stylecaster, kontak antara kuku dan air yang terlalu lama menyebabkan kutek Anda lebih mudah mengelupas. Dampak ekspos air pada kuku sama dengan rambut yang kelamaan di dalam air, yakni menjadi kering dan rapuh. Sebab, serapan air yang terlalu banyak dalam air merusak warna kutek hingga mengelupas.

Salah satu cara antisipasi terbaik adalah memulas cat kuku dengan base coat sebelum Anda berenang atau menyelam. Sayangnya, hal ini cenderung merepotkan dan tak banyak wanita yang begitu detail mengingat untuk kembali memulaskan base coat saat sedang liburan.

Kemudian, kandungan klorin pada air kolam renang, disinyalir “biang keladi” kondisi kering pada kulit  sekaligus menurunkan intensitas warna cat kuku.

Hal lain yang menyebabkan kutek mudah terkelupas adalah pemakaian losion tabir surya. Seperti kita ketahui, losion tabir surya memiliki segudang manfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, sejumlah kandungan pada losion SPF ternyata memiliki efek membuat cat kuku lekas lapuk dan mengelupas.

Jenis cat kuku yang terbilang kuat dan awet, meskipun Anda berlama-lama di dalam kolam renang adalah cat kuku dengan efek glitter. Kemudian, cat kuku jenis gel juga dinyatakan lebih tahan lama dan tidak mengelupas saat Anda sedang menikmati setiap detik waktu liburan dengan bermain air dalam kolam renang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com