Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alexander Wang Dikabarkan Tinggalkan Balenciaga

Kompas.com - 30/07/2015, 19:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Perancang busana Alexander Wang dikabarkan tidak lagi menjabat sebagai direktur kreatif rumah mode asal Perancis, Balenciaga. Wang telah menjabat posisi tersebut selama tiga tahun. Akan tetapi, berdasarkan laporan WWD, pihak Balenciaga tidak memperbarui kembali kontrak Wang.

Sekedar pengingat, mantan direktur kreatif Balenciaga sebelum Wang, Nicolas Ghesquiere mengumumkan bahwa dirinya akan menggantikan posisi Marc Jacobs sebagai direktur kreatif rumah mode Louis Vuitton pada tahun 2012 silam setelah bekerja selama 15 tahun di Balenciaga. Beberapa nama muncul ke permukaan sebagai kandidat pengganti Ghesquiere, seperti nama Christopher Kane yang paling difavoritkan.

Akan tetapi, dua pekan setelah pengunduran diri Ghesquiere, pihak Balenciaga mengonfirmasi bahwa Alexander Wang lah yang menjadi pengganti Ghesquiere sebagai direktur kreatif.
Wang mampu menghadirkan figur wanita modern masa kini tanpa harus terpengaruh desain terdahulunya. Namun, kabar kepergian Wang dari Balenciaga ini membuat sebagian pecinta mode merasa sedih. Sebab, Wang begitu menorehkan ciri khas pada setiap produk lansiran Balenciaga.

Sebagai direktur kreatif, Wang adalah sosok yang dikenal mampu memberikan desain dengan aspek estetika yang sangat komersial, sedikit nyeleneh, namun menjunjung tinggi gaya khas urban modern. Sehingga, akan sulit memperkirakan bagaimana ciri khas Balenciaga selanjutnya setelah Wang tidak lagi menjabat sebagai direktur kreatif rumah mode yang didirikan pada tahun 1914 tersebut.

Koleksi rancangan Wang selama ini direspon dengan beragam penilaian. Akan tetapi, Wang dikenal senang memberikan sentuhan unik dalam karya rancang aksesorinya. Le Dix, koleksi tas tangan Balenciaga pertama untuk periode musim panas 2013 menjadi populer dan begitu digemari oleh para pecinta mode.

Terkait pengganti Wang, Balenciaga dikabarkan akan mengikuti jejak rumah mode Gucci dalam mencari direktur kreatif yang baru. Gucci memang menjunjung tinggi nilai historikal labelnya. Terlihat saat pemilihan direktur kreatif yang selalu menomorsatukan "orang dalam" dimana memang sosok tersebut memiliki ikatan emosional serta mengenal seluk beluk label ini. Gucci menunjuk Alessandro Michele sebagai direktur kreatif yang baru. Michele dianggap memiliki kualitas serta visi yang diperlukan label Italia ini untuk membawa perspektif baru menuju masa depan. Dari reportase terakhir, hasil karya Michele bahkan berhasil meningkatkan penjualan untuk Gucci hingga lima persen.

Semoga kehadiran direktur kreatif baru untuk Balenciaga dapat lebih mengukuhkan label ini sebagai salah satu label internasional yang memiliki banyak ide segar dalam mengukir babak baru sejarah dunia mode.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com