Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2015, 21:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Terkadang rasa lelah yang Anda rasakan dapat membuat Anda enggan untuk bercinta. Padahal di waktu yang sama, pasangan sedang begitu bergairah. Kejadian seperti ini seringkali dialami oleh banyak pria dan wanita dalam keseharian. Sebenarnya adakah waktu yang tepat untuk disarankan?

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebuah survei terhadap 2.300 orang yang digelar perusahaan produsen alat bantu seks Lovehoney menemukan waktu yang spesifik untuk bercinta, baik bagi pria maupun wanita. Berdasarkan survei tersebut, waktu optimal bagi pria untuk berhubungan intim adalah pukul 07.54 di pagi hari, sementara wanita pada pukul 23.21 malam.

Secara umum, hanya 16 persen responden pria mengaku mereka secara rutin ingin bercinta sebelum tidur, sementara 11 persen responden wanita mengaku enggan bercinta di pagi hari. Para pria menyatakan bahwa waktu dimana gairah mereka sangat memuncak adalah antara pukul 6.00 hingga 9.00 pagi, sementara wanita pada pukul 11.00 malam hingga pukul 2.00 dini hari.

"Temuan tersebut secara masuk akal menjelaskan bagaimana bedanya pria dan wanita. Waktu terbaik untuk bercinta adalah ketika anak-anak sudah tidur, Anda tidak harus bekerja, dan bisa berduaan dengan pasangan," ujar dr Susan Block, seorang terapis seks dan pengarang buku berjudul The Ten Commandments of Pleasure.

Selanjutnya, dr Block mengungkapkan bahwa sesi bercinta tidak perlu dilakukan secara terburu-buru hanya karena Anda akan terlambat datang ke kantor. "Wanita berpikir dengan otak mereka. Pria berpikir dengan alat kelamin karena pada pukul 07.54 alat kelamin membangunkan mereka dan mengajak bercinta," imbuhnya.

Dengan kata lain, waktu terbaik bagi pria untuk bercinta amat dipengaruhi aspek fisikal, sementara hal itu tidak terjadi pada wanita. "Ada banyak faktor yang berpengaruh ketika seorang wanita siap untuk bercinta. Wanita perlu memiliki suasana hati yang baik. Para wanita harus merasa cantik dan tidak diganggu. Sementara pria tidak memerlukan hal-hal seperti itu," sebut dr Block.

Kesimpulannya, penting bagi Anda dan pasangan untuk bersama-sama memilih waktu yang tepat untuk bercinta. Sebab, apabila tidak didiskusikan dan diputuskan bersama, bisa jadi masalah waktu bercinta menjadi sumber ketegangan dan argumen antara Anda dan pasangan yang tidak seharusnya terjadi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com