Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2015, 17:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com - Orang-orang yang memiliki sikap sarkastik biasanya kurang disukai karena kerap mengeluarkan pernyataan yang mampu menyinggung perasaan. Akan tetapi, berbahagialah Anda yang memiliki sikap ini. Sebab, sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa memiliki sikap sarkastik justru dapat membuat Anda lebih kreatif. Benarkah demikian?

Penelitian tersebut dipublikasikan oleh Harvard Business School, Amerika Serikat. Menurut para peneliti, pernyataan-pernyataan sarkastik tidak hanya membuat Anda yang melontarkannya jadi kreatif, namun juga yang menerima pernyataan tersebut akan lebih kreatif.

Untuk meneliti, para ahli membagi partisipan yang diundang ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan simulasi dialog bernuansa sarkastik. Kelompok kedua diminta melakukan dialog dengan ungkapan-ungkapan tulus, dan kelompok ketiga melakukan dialog bersifat netral. Mereka juga diminta menulis respon pada secarik kertas.

Setelah itu, para peneliti memberikan subjek-subjek tugas yang menguji kreativitas para partisan. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa para partisipan yang berada di kelompok pertama dimana melakukan dialog sarkastik melakukan tugasnya dengan lebih baik ketimbang para partisipan yang tergabung dalam dua kelompok lainnya.

Para peneliti menyatakan bahwa sifat sarkasme akan mendorong fungsi kognitif dengan lebih baik. Untuk memahami dan memberikan komentar sarkastik, otak perlu berpikir dengan menggunakan pola pemikiran abstrak dan kreatif guna menanggulangi kontradiksi secara literal dan aktual di balik pernyataan tersebut.

Nah, bagaimana menurut Anda tentang penelitian ini? Ternyata, ungkapan dan pernyataan sarkastik tidak selalu memberikan dampak yang buruk. Melontarkan maupun menerima pernyataan pedas sekalipun dapat membantu mengembangkan otak Anda sehingga dapat lebih kreatif lagi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com