Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Novita Angie Beri Pendidikan Positif pada Anak

Kompas.com - 01/08/2015, 08:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Dengan aktivitas yang beragam sebagai pembawa acara, penyiar dan pemimpin redaksi sebuah majalah, Novita Angie tetap berusaha untuk dapat mencurahkan perhatian dan kasih sayang kepada buah hatinya. Tidak terkecuali, Angie pun berusaha untuk dapat selalu memberikan pendidikan kepada anak tanpa terganggu oleh kesibukannya.

Salah satu kegiatan yang dimanfaatkan Angie tidak hanya untuk memberikan pendidikan, namun juga menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Salah satunya adalah dengan cara mengajak anak untuk ikut ke kantor. Kegiatan ini diakui Angie cukup ampuh untuk mendidik sekaligus menumbuhkan berbagai nilai positif kepada anak, selain tentunya memiliki waktu berkualitas antara ibu dan anak.

"Saya suka mengajak anak saya ke tempat kerja, misalnya lokasi syuting atau ke studio tempat saya siaran. Semakin mereka besar, saya harus memerikan pengertian kepada mereka tentang seperti apa pekerjaan saya. Namun, saya tekankan juga bahwa ketika ikut saya ke kantor bukan sekadar main, tapi ada nilai yang diperoleh," ujar Angie ketika berbagi pengalaman dalam talkshow Pentingnya Bermain Sambil Belajar bagi Perkembangan Anak, Kamis (30/7/2015).

Saat berada di kantor, Angie pun mengajarkan anak untuk turut mencoba berbagai pekerjaan yang ada, misalnya membantu pekerjaan produser siaran, mengetik naskah, mengatur tata letak majalah, dan sebagainya. Rekan-rekan kerjanya pun diminta oleh Angie untuk dapat turut berpartisipasi dengan aktivitas ini, misalnya meminta sang anak untuk mengerjakan sesuatu.

"Saya bilang ke tim saya, mau minta tolong apa saja ke anak saya silakan. Mau fotokopi, menemani mengantarkan pekerjaan ke lantai lain, atau mengetik naskah. Penghargaan yang saya kasih adalah biasanya saya kasih semacam gaji yang besarannya dinegosiasi bersama. Sekalian melatih dia belajar berhitung," jelas Angie.

Pada kesempatan yang sama, psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo Psi menyatakan, sesekali orangtua memang sebaiknya mengajak anak ke tempat kerja. Tujuannya bukan untuk bermain, akan tetapi bisa menjadi sebuah sarana bagi anak untuk mempelajari berbagai nilai positif. Orangtua pun dapat memiliki waktu berkualitas bersama anak di sela-sela bekerja.

"Anak memang seharusnya diajak ke tempat kerja. Tujuannya supaya ia lebih menghargai susahnya mencari uang. Selain itu, anak juga akan bahagia kalau ia bisa membantu pekerjaan orangtua, karena bagi dia ini konteksnya bermain. Orangtua pun dapat memberikan berbagai penjelasan. Dengan cara ini, anak akan lebih cepat menangkap berbagai informasi," ujar Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com