Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2015, 14:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Setiap wanita pasti menginginkan tampilan badan yang indah, termasuk menghindari bagian payudara yang kerap menjadi kendur. Namun seiring faktor usia yang bertambah, bentuk payudara juga akan mengalami perubahan hingga tak dapat dihindari. Tapi tahukah Anda kalau kendurnya payudara bisa bantu dicegah dengan melakukan kebiasaan sehari-hari? Ada tujuh kebiasaan yang dijabarkan allwomenstalk di bawah ini dimana dapat membantu payudara agar tidak cepat menjadi kendur.

1. Jaga bobot tubuh 

Banyak wanita yang mengalami naik turun bobot tubuh secara signifikan. Terkadang hal tersebut dilakukan karena keinginan menjalankan program diet yang ketat. Hal tersebut terbilang negatif, karena berisiko membuat payudara menjadi lebih cepat kendur. Pertahankan bobot tubuh ideal yang sesuai untuk Anda.

2. Gunakan sports bra saat berolahraga

Saat berolahraga sangat penting untuk mengganti bra biasa dengan sports bra. Sports bra yang dirancang untuk aktivitas penuh wanita ini dapat membantu menjaga stabilitas payudara terhadap gaya gravitasi. Selain itu, sports bra juga membuat Anda lebih nyaman saat berolahraga.

3. Konsumsi vitamin C

Vitamin C yang kaya akan kandungan nutrisi bagi kulit dapat menjaga elastisitas lapisan luar tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga suplemen makan.

4. Selalu kenakan tabir surya

Pastikan untuk mengaplikasikan tabir surya jika Anda berkegiatan di area terbuka dengan cuaca terik yang dapat langsung menyinari bagian dada dan payudara. Terutama Anda yang gemar berlibur ke daerah hangat dan menggunakan pakaian berkerah rendah serta tipis hingga matahari dapat langsung terpapar pada tubuh. Sama seperti bagian kulit lain, area kulit seputar payudara juga wajib dilindungi dari bahaya sinar ultra violet. 

5. Pilih makanan bergizi

Memilih gaya hidup sehat dan menjalankannya dengan mengonsumsi makanan bergizi dapat menghindari "serangan" penuaan dini dan juga ampuh menjaga elastisitas kulit.

6. Jangan kompromi soal bra

Bukan soal harga namun kualitas bra itu sendiri. Jangan berkompromi dengan bra yang tidak nyaman dikenakan namun sangat terjangkau harganya. Gantilah dengan bra yang nyaman pada kulit, membuat penampilan Anda lebih baik, yang dapat menyanggah payudara dengan semestinya dan memberi kenyamanan penuh selama digunakan.

7. Biasakan beridiri dan duduk tegak

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang berdiri dan duduk membungkuk berisiko membuat payudara menjadi kendur. Maka dari itu cobalah saat melakukan aktivitas berdiri dan duduk, lakukan dengan postur tubuh yang tegak serta tidak membungkuk. Jika sering dilakukan, alhasil kulit juga akan terbawa lebih kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com