Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2015, 15:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Tidak selamanya suasana hati Anda berada dalam kondisi yang baik. Berbagai permasalahan, konflik, dan tidak terkecuali rutinitas, mampu membuat suasana hati menjadi runyam. Nah, bagaimana cara mudah dan cepat mengatasi suasana hati yang buruk?

Penelitian telah mengungkap beberapa kegiatan yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Apa sajakah kegiatan yang dapat dilakukan? Berikut adalah lima yang disarankan dan mudah untuk Anda lakukan:

1. Memandangi pemandangan alam yang indah

Pergi menikmati indahnya alam liar memang membuat hati menjadi tenang. Akan tetapi, jika waktu Anda cukup terbatas, hanya dengan memandangi foto-foto pemandangan alam indah saja ternyata dapat memunculkan rasa bahagia dan mampu mengusir stres. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Psychology.

2. Olahraga sambil menonton televisi

Sebuah riset yang dipublikasikan pada Journal of Sports Science & Medicine, orang yang menonton televisi sambil berjalan di lintasan treadmill selama 10 menit terbukti lebih mudah memperbaiki suasana hatinya ketimbang mereka yang berolahraga tanpa distraksi sama sekali.

"Analoginya seperti es krim. Mengonsumsi es krim memang membuat Anda bahagia, namun menambahkan topping membuat Anda lebih bahagia lagi," ujar Gregory J Privitera, profesor psikologi di St Bonaventure University di New York, Amerika Serikat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com