Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehidupan Wanita Ini Lebih Baik Setelah Berpenampilan Ala Barbie

Kompas.com - 01/08/2015, 20:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Di internet kini dapat mudah ditemukan foto-foto atau artikel mengenai orang-orang yang berdandan ala boneka Barbie. Namun, ternyata ada kisah di balik penampilan unik layaknya boneka kegemaran anak perempuan tersebut. Seorang wanita berhasil bangkit dari keterpurukan setelah ia berdandan seperti Barbie.

Ketika Amber Guzman (28) berusia 18 tahun, ia mulai menunjukkan gejala-gejala muscular dystrophy yang membuat otot-ototnya perlahan kehilangan kekuatan. Saat tubuhnya mulai melemah seiring bertambahnya usia, Guzman pun diliputi ketakutan.

Akan tetapi, Guzman kemudian menyadari bahwa ia bisa memanfaatkan kecintaannya akan tata rias untuk mengubah kondisinya yang diliputi penyakit menjadi sedikit bisa kendalikan. Guzman akhirnya berani mengubah penampilan dirinya menjadi seperti boneka Barbie. "Saya senang menjadi seperti ini karena secara tidak langsung perubahan ini telah menyelamatkan hidup saya," ungkap Guzman.


Bukan hal yang mudah untuk sampai pada titik dimana ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Dengan fisik yang semakin lemah dan lunglai, suami dan keluarga Guzman selalu ada untuk membantu wanita itu dalam keadaan apapun.

 

redbookmag.com Amber Guzman menjelaskan, dirinya sama sekali tidak menjalani operasi plastik untuk mewujudkan penampilan layaknya boneka Barbie.


"Karena penyakit muscular dystrophy yang saya derita, saya selalu harus dibopong atau dibantu ketika akan duduk dari posisi berdiri. Namun, saya sadar bahwa disabilitas ini menjadikan saya seperti boneka Barbie yang selalu saya mainkan saat kanak-kanak," tutur Guzman.

"Suatu hari, saya memutuskan untuk mengubah hidup saya. Saya sadar bahwa muscular dystrophy yang diderita telah mengubah saya menjadi boneka hidup. Ketika saya melihat diri saya sendiri sebagai boneka hidup yang harus diangkat dan dibantu dalam melakukan apapun. Hal ini malah membantu saya menjadi tidak mudah sedih dan marah," imbuhnya.

Guzman menjelaskan, dirinya sama sekali tidak menjalani operasi plastik untuk mewujudkan penampilan layaknya boneka Barbie. Penampilan bak boneka cantik itu diperolehnya berkat kemampuannya dalam merias dan kecintaanya pada boneka Barbie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com