Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat… Beberapa Aplikasi Menarik untuk Mencari Jodoh di Dunia Maya!

Kompas.com - 04/08/2015, 10:40 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis


KOMPAS.com - Bagi sebagian orang situs pencarian jodoh merupakan solusi tepat untuk mendapatkan pasangan sesuai kriteria yang diinginkannya. Namun, dalam hal ini, tentu Anda tetap harus lebih selektif memilih pasangan.

Mencari pasangan melalui dunia maya memang telah menjadi tren saat ini. Belum lagi dengan dukungan teknologi smartphone yang semakin canggih, sudah pasti berbagai situs, bahkan aplikasi pencari jodoh, menjadi mudah untuk diakses siapapun.

Namun, masyarakat tetap perlu berhati-hati bila ketika memutuskan bergabung dengan situs pencarian jodoh. Seperti dikutip dari laman The Telegraph, Dr Brooke Magnanti, seorang ahli antropologi menganjurkan agar pasangan yang mencari jodoh melalui dunia maya perlu mengutamakan perlindungan terhadap diri sendiri. Salah satunya untuk tidak langsung memberikan informasi diri yang valid ketika memulai perkenalan.

Namun demikian, ada beberapa pasangan yang juga berhasil menjalin hubungan ketika bertemu di situs pencarian pasangan. Jika benar-benar tertarik untuk mencari pasangan sesuai kriteria, maka tidak ada salahnya untuk join ke beberapa situs yang telah banyak digunakan oleh masyarakat urban saat ini.

Untuk menambah referensi, berikut beberapa aplikasi atau situs pencarian jodoh yang bisa dijadikan pilihan. Tapi, ada baiknya sebelum bergabung, siapkan foto yang menarik untuk dijadikan gambar profil Anda. Simak berikut ini:

Perfect Match Jakarta (PM Jakarta)

PM Jakarta merupakan salah satu situs pencari jodoh khusus untuk wilayah Jabodetabek. Situs pencarian pasangan ini termasuk ke dalam kelas premium. Jika ditemukan anggota PM Jakarta yang menyalahgunakan komunikasi pada situs ini, pihak pengelola bisa langsung mengeluarkan Anda dari keanggotaan.

Karena itulah, ada baiknya ketika memutuskan untuk bergabung ke PM Jakarta, Anda harus punya itikad baik untuk mencari pasangan. Jika tertarik, Anda bisa langsung melakukan registrasi dengan mengisi form mengenai preferensi pribadi.

Syarat utamanya, Anda harus berusia minimal 27 tahun. Selanjutnya, akan ada beberapa pertanyaan mengenai preferensi terhadap calon pasangan yang Anda cari, misalnya mengenai pendidikan minimal, kesibukan, hingga ketertarikan pada berbagai hal.

OKCupid

Clara Bensen dan Jeff Wilson merupakan salah satu pasangan yang berhasil menjalin hubungan ketika berkenalan melalui situs OKCupid pada 2013 lalu. Awalnya, Clara yang baru saja bergabung di OkCupid mencoba mencari pasangan yang diidamkannya. Hingga akhirnya, dirinya bertemu dengan Jeff Wilson yang juga telah terdaftar pada situs pencari pasangan ini.

Clara dan Jeff adalah warga negara Amerika Serikat. Mereka kemudian bertemu untuk mencoba saling mengenal. Sampai akhirnya, setelah melakukan perjalanan wisata yang dikemas OKCupid, keduanya merasa cocok dan memahami satu sama lain.

Syarat bergabung di sini sebetulnya lebih simpel. Cukup dengan menggunakan akun Facebook, Anda bisa berkesempatan mengenal orang lain dan mencari pasangan hidup sesuai karakter yang Anda inginkan.

Shutterstock Join dengan situs pencari jodoh salah satu solusi untuk mencari pasangan yang diinginkan.

Setipe.com

Perbedaan pola pikir dan kesibukan merupakan salah satu faktor yang membuat rumit ketika mencari, bertemu, dan menjalin hubungan dengan orang baru. Untuk itu, bagi Anda yang sulit mencari pasangan sesuai kepribadian Anda, situs pencari jodoh ini bisa dijadikan solusi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com