Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita… Jangan Langsung Percaya pada Sampo Organik

Kompas.com - 05/08/2015, 10:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com —
Beberapa tahun belakangan ini, produk organik sangat populer dan laris manis di pasaran. Pasalnya, produk organik digadang tidak berbahan kimia dan bahan pengawet sehingga aman untuk tubuh Anda.

Biasanya, produk organik banyak ditemukan di sejumlah produk pangan. Namun, seiring waktu, sejumlah produk perawatan tubuh dan kosmetika turut memeriahkan tren organik dengan menawarkan rangkaian produk dengan label organik.

Menurut Philip Kingsley, seorang trichologist yang merupakan pakar di bidang perawatan rambut dan kulit kepala dari Inggris, mengatakan bahwa konsumen harus berhati-hati saat memilih sampo organik.

Sebab, sebuah produk kecantikan hanya memerlukan kadar persentase kandungan organik yang minim untuk secara resmi divalidasi sebagai produk organik. Namun, sebagian besar kandungannya sebenarnya tetap tinggi bahan kimia.

"Sekalipun formula sampo didominasi bahan organik, kandungan lain, seperti pengawet dan stabilisator, pasti berbahan kimia untuk menghindari produk jadi bau, warna jadi berubah, serta untuk konsistensi. Pengawet dan stabilisator itu punya kandungan tinggi bahan kimia," ujar Kingsley.

Sampo organik, kata Kingsley, memiliki masa guna yang tidak lama, maksimal hanya seminggu. Itu pun Anda harus menyimpannya di dalam freezer.

"Saya tidak mengatakan bahwa sampo organik tidak baik untuk Anda. Hanya, banyak produk sampo yang diklaim organik, tetapi masih tinggi kandungan bahan kimia," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com