Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampilan Gadis 18 Tahun Ini Seperti Wanita Lanjut Usia

Kompas.com - 10/08/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber the sun


KOMPAS.com –
Penampilan Rochelle Pundare (18) dari Filipina tidak seperti gadis-gadis muda lain seusianya. Pundare mengenakan rambut palsu untuk menyembunyikan rambutnya yang rontok. Lalu, tubuh Pundare sama sekali tidak berotot dan keriput pada kulitnya menyerupai wanita lanjut usia. Pundare menderita progeria, kelainan genetik yang membuatnya menua 10 kali lebih cepat.

"Tubuh saya menua, tetapi saya tidak tumbuh seperti gadis lainnya. Saya merasa seperti manula, napas saya pendek-pendek, saya kesulitan berjalan, dan mudah lelah. Terkadang sekujur tubuh saya terasa sakit," ujar Pundare.

Di dunia ini, hanya ada 100 orang yang menderita progeria, dengan rata-rata usia harapan hidup hanya mencapai usia 13 tahun. Para dokter menyatakan bahwa tubuh Pundare seperti manusia berusia 144 tahun. "Dia baru berusia dua tahun ketika rambutnya mulai rontok," kata Rossanna, ibunda Pundare.

"Setelah tiga tahun, rambutnya rontok total. Kemudian, setelah usia lima tahun, kulitnya mulai mengeriput. Ketika berusia lima tahun, para dokter menemukan bahwa tubuhnya tidak lagi tumbuh dan berkembang. Dia takkan bisa sembuh. Kami sudah ikhlas bahwa suatu hari kami akan kehilangan dia," lanjut Rossanna.

Saat usianya 17 tahun, Pundare pergi ke Amerika Serikat untuk menerima obat-obatan yang dapat menghambat penuaan. Kisah dan pengalaman hidup Pundare didokumentasikan dalam sebuah program televisi bertajuk Body Bizzare. Pundare memiliki sebuah harapan sederhana, yakni dapat hidup lebih lama dan tumbuh normal.

"Saya ingin tumbuh lebih tinggi. Saya ingin hidup lebih lama dan melakukan segala hal yang dilakukan ibu saya. Saya harus tetap berpikiran positif. Selama saya mengonsumi obat-obatan, saya rasa saya akan hidup hingga usia 100 tahun," tutur Pundare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber the sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com