Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2015, 10:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber askmen

KOMPAS.com – Bau kurang sedap yang datang dari kaki, dampaknya sama dengan bau ketiak yang tidak segar, bisa membuat seseorang minder dan tidak percaya diri. Alhasil, mereka jadi menutup diri karena malu dengan aroma mengganggu yang berasal dari tubuh mereka.

Keringat pada tubuh, menurut para peneliti, sebenarnya tidak menimbulkan bau. Namun, keringat yang berlebihan membuat kelenjar keringat bereaksi terhadap bakteri yang menempel pada sel-sel kulit mati. Penjelasan yang sama juga berlaku pada masalah bau kaki.

Penyebab kaki Anda menebarkan bau adalah aktivitas bakteri actinomycetes yang bersarang di tempat lemba yang menyulitkan terjadinya pertukaran udara. Bakteri tersebut bisa menempel di sepatu dan kaus kaki Anda.

Selain bakteri, kaki bau juga terjadi karena banyaknya sel-sel kulit mati pada kaki. Kemudian, konsentrasi tinggi keringat yang terjebak dalam kaus kaki dan sepatu menghasilkan bakteri bernama methanethiol, propanoic, dan isovaleric acids.

Aroma kurang sedang pada kaki yang menyerupai keju basi, datang dari methanethiol. Lalu, bau asam kaki berasal dari isovaleric. Sementara itu, aroma yang tercium pahit pada kaki, sumbernya adalah isovaleric acids.

Pada video yang dibuat oleh American Chemical Society, menjelaskan bahwa bau kaki bisa menyebabkan sejumlah kejadian memalukan pada hidup Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya agar orang-orang sekeliling tidak merasa terganggu dan mulai menjauhi Anda.

Sejumlah pakar yang hadir pada video mengenai dampak buruk bau kaki tersebut, menyarankan supaya Anda rajin mencuci dan membersihkan kaki dengan sabun anti bakteri. Selain itu, mereka juga menegaskan bahwa ritual mengangkat kulit mati di kaki dengan cara scrubbing, merupakan solusi efektif untuk membuat kaki Anda kembali segar. Selanjutnya, untuk meredakan aroma asam dari kaki, semprotkanlah deodoran khusus kaki sebelum Anda mengenakan sepatu.

Kemudian, untuk perawatan mingguan, lakukan merendam kaki dalam air hangat yang telah ditaburkan dua cangkir garam mineral dan beberapa tetes minyak tea tree. Ritual ini efektif dalam membunuh bakteri penyebab bau kaki yang membuat Anda tidak percaya diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber askmen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com