Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Rontok sampai 100 Helai Per Hari, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 10/08/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ketika menyisir rambut, melepaskan ikat rambut, atau keramas, apakah Anda melihat beberapa helai rambut yang rontok. Masalah rambut rontok ini tentu meresahkan para wanita, sebab akan mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri.

Nah, seberapa banyak rambut rontok yang dapat dikatakan berada dalam keadaan normal? Menurut Anabel Kingsley, seorang pakar kulit kepala mengungkapkan, rata-rata rambut yang rontok dalam sehari adalah antara 60 sampai 100 helai rambut. Namun demikian, jumlah tersebut bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya.

"Apabila Anda memiliki helai rambut yang panjang, maka akan semakin banyak rambut yang rontok. Sementara itu, rambut yang pendek akan terlihat lebih sedikit terjadi kerontokan," ujar Kingsley.

Selanjutnya, Kingsley mengatakan bahwa Anda tidak perlu khawatir dengan masalah rambut yang rontok. Pasalnya, rambut akan berhenti rontok dan tumbuh kembali seperti biasanya.  Kingsley menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut dapat dengan mudah rontok.

Pertama, beberapa wanita mengalami kerontokan rambut lebih sering pada cuaca atau musim panas. Selain itu, apabila Anda tidak sering keramas, misalnya hanya sekali atau dua kali seminggu, maka Anda akan perhatikan lebih banyak rambut rontok ketika keramas. Tidak hanya itu, kerontokan rambut juga dapat terjadi karena faktor keturunan.

"Hal yang harus diperhatikan adalah proses kimia seperti pewarnaan rambut permanen, pelurusan, dan pelemasan rambut tidak mempengaruhi pertumbuhan alami rambut. Akan tetapi, proses-proses tersebut menghancurkan struktur protein rambut. Akhirnya, lapisan rambut menjadi lemah dan dapat menyebabkan rambut rapuh yang terlihat seperti kerontokan," jelas Kingsley.

Selanjutnya, Kingsley menuturkan, wanita yang memiliki rambut tebal atau keriting seringkali menggunakan alat penataan rambut yang mengantarkan panas atau menyisir dengan penekanan dapat menyebabkan penipisan rambut yang dapat menimbulkan kerapuhan dan kerusakan rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com