Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Profesi Wanita yang Lebih Tinggi Penghasilannya dari Pria

Kompas.com - 10/08/2015, 14:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Perlakuan seksis atau diskriminasi jender yang seringkali diterima wanita di tempat kerja, rasanya sudah bukan rahasia lagi. Beberapa wanita, yang terjun ke profesi dengan mayoritas laki-laki, sering dilaporkan menerima perlakuan yang berbeda. Namun ketika bicara soal gaji, apakah wanita juga mengalami kecenderungan seksis?

Penelitian dari Federal Reserve Bank of New York, menemukan bahwa perbedaan gaji antara wanita dan pria, sungguh terjadi. Uniknya, gaji wanita ternyata lebih tinggi sekitar 97 sen dolar AS atau setara dengan Rp 10.000 di awal masa kerja.

Hal ini terjadi pada wanita lulusan sarjana baru dengan jurusan dan pekerjaan yang sama. Data juga menunjukkan bahwa lulusan baru wanita menghasilkan lebih banyak uang daripada rekan prianya, terhitung lewat 29 dari 73 jurusan paling umum di Universitas.

Namun hal tersebut akan berubah saat karier berada di tengah atau sedang berkembang. Contohnya saja di industri yang bergerak dalam jasa sosial. Pada waktu awal memulai pekerjaan, wanita dapat menerima 16 persen penghasilan lebih banyak dari pria. Namun di tengah perkembangan kariernya,justru para pria-lah yang menerima 10 persen lebih banyak penghasilan dibanding rekan wanitanya.

Bloomberg menyimpulkan bahwa hal ini terjadi karena peran rekruter pada tahap awal yang menginginkan keberagaman jender di tempat kerja. Namun ketika campur tangan departemen human resource tak begitu kuat saat perkembangan karier, maka sangat mudah terjadi bias penghasilan antara pria dan wanita.

Sedangkan profesi dimana wanita rata-rata dibayar lebih tinggi daripada pria ada di 15 bidang pekerjaan berikut ini:

1. Jasa pelayanan sosial
2. Terapi perawatan
3. Teknik industri
4. Sejarah seni
5. Teknik dirgantara
6. Jasa konstruksi
7. Analisis bisnis
8. Teknik mesin
9. Ilmu bumi
10. Ilmu nutrisi
11. Teknik sipil
12. Filsafat
13. Pendidikan umum
14. Teknik listrik
15. Teknik kimia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com