Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Ungkap Kriteria Persahabatan yang Ideal

Kompas.com - 12/08/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com –- Sahabat adalah keluarga yang kita pilih. Oleh karena itu, jika Anda salah pilih, bisa jadi seseorang yang Anda sebut sahabat malah membuat hidup Anda berantakan.

Kenyataannya, memilih dan memiliki sahabat bukan persoalan mudah. Sebab, sama halnya dengan pasangan hidup, persahabatan juga membutuhkan kecocokan dan kenyamanan, entah kepribadian yang bertolak belakang, selama kompromi serta toleransi terus terjaga, maka persahabatan pun bisa langgeng hingga jangka panjang.

Menurut penelitian terbaru mengungkapkan bahwa persahabatan yang bertahan lama biasanya terdiri dari dua sifat dan karakter yang sarat perbedaan satu sama lain.

Penelitian yang digagas oleh para peneliti dari Keystone College di Pennsylvania, Amerika Serikat, mencoba menganalisa hubungan pasangan sahabat. Analisa dinilai dari cara mereka menjadi sahabat, lalu meminta mereka menilai sahabatnya dengan tingkat kepribadian, dan tingkat persahabatan, spontanitas, kekhawatiran, serta tekanan dari diri mereka sendiri.

Hasilnya, para peneliti menyimpulkan, mereka yang memiliki sifat ekstrover biasanya akan memilih sahabat dengan karakter diri yang berlawanan dengan mereka. Sementara itu, bagi orang yang lebih pendiam, biasanya menginginkan sahabat yang dapat mendorong mereka untuk keluar dari zona nyaman dan berani mengambil resiko.

Kemudian, penelitian juga mengungkapkan, kepribadian ideal seorang sahabat adalah orang berkepribadian ekstrovert, dengan sikap mudah setuju, stabil dalam hal emosi, konsisten, dan terbuka dengan perubahan.

Mereka dengan kepribadian tersebut di atas, umumnya lebih mudah menemukan teman, tapi mereka membutuhkan orang dengan tingkat energi dan pribadi yang lebih tenang,  untuk saling mengimbangi.

Apakah menurut Anda penelitian ini benar? Apakah Anda dan sahabat memiliki sifat yang berlawanan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com