Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Bayi Model Klasik, Lambang Sebuah Kemewahan

Kompas.com - 14/08/2015, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Kereta bayi model klasik belakangan kembali populer berkat penampilan Kate Middleton saat berkegiatan bersama putrinya, Charlotte, seperti saat menghadiri acara pembaptisan yang sudah berlangsung. Dengan ukuran badan kereta dan roda yang lebih besar dari ukuran standar serta perpaduan warna hitam dan perak, kereta bayi Kate Middleton tersebut memang nampak tak lekang oleh waktu.

Salah satu produsen kereta bayi asal Inggris, Silver Cross yang telah berdiri sejak tahun 1877, mengungkapkan bahwa tren kereta bayi klasik memang kini digemari kembali.

Hal tersebut diucapkan oleh Assistant Marketing Manager Silver Cross, Candice Chau. Chau yang dijumpai dalam acara peluncuran warna baru Silver Cross di Palalada, Grand Indonesia, Jakarta (13/8/2015) mengatakan bahwa kereta bayi bergaya klasik ini memang memiliki peminat dari kalangan tertentu.

"Untuk pabrik kereta bayi kami yang seperti ini (Chau menunjuk ke salah satu model kereta bayi modern yang dipamerkan) ) berada di Tiongkok. Tetapi untuk yang klasik, hanya ada di Inggris," ujar Chau. Pabrik tersebut telah berdiri sejak 138 tahun lalu, dan masih mempertahankan pembuatan kereta bayinya secara manual (handmade) untuk yang bermodel klasik.

Dengan pembuatan yang memakan waktu serta ketelitian tingkat tinggi, Chau tak memungkiri bahwa harga untuk kereta bayi model klasik memang terbilang mahal. Harganya bisa mencapai tiga kalilipat dari harga kereta bayi modern saat ini. Target konsumen kereta bayi klasik juga umumnya adalah kalangan menengah atas yang bermukim di Eropa.

Chau menceritakan kalau kereta bayi klasik ini juga memiliki fungsi berbeda. Tak hanya untuk membawa bayi saja, kereta bayi klasik ini juga dijadikan sebagai simbol kemewahan yang bisa dipamerkan, karya seni yang dikoleksi, hingga menjadi penghias etalase toko untuk menarik banyak pengunjung.

Di Inggris sendiri, Chau mengatakan bahwa sebuah kereta bayi bagaikan tradisi keluarga. "Banyak bangsawan kerajaan Inggris yang menggunakan brand Silver Cross. Selain itu, tak akan heran jika di Inggris kereta bayi tak hanya berisi bayi, melainkan termasuk barang belanjaan. Karena di Inggris sendiri kereta bayi merupakan sebuah alat multifungsi," ujar Chau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com