Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Mewarnai Rambut di Salon

Kompas.com - 15/08/2015, 20:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengunjungi gerai kecantikan atau salon, para ahli pewarna rambut dari Amerika Serikat memberi saran untuk melakukan hal berikut sebelum mewarnai rambut. Tujuh kiat berikut bisa Anda terapkan agar tidak membuang waktu, nyaman dan tentunya mendapat hasil sesuai dengan yang diinginkan.

1. Jujur dengan sejarah rambut Anda

"Jika rambut Anda pernah diwarnai atau melewati proses dengan bahan kimia lain, kami sebagai tim gerai kecantikan dan salon perlu tahu," ujar Kyle White, ahli pewarna rambut dari Oscar Blandi Salon di New York. Menurut White, klien perlu jujur dengan sejarah rambutnya, karena hal tersebut mempengaruhi faktor formula pewarna rambut yang cocok dan digunakan.

2. Jangan kenakan busana mahal dan bewarna putih

Ahli pewarna rambut selebriti, Kari Hill mengatakan, "Ketika seorang wanita datang mewarnai rambut dengan berbusana warna putih, otomatis membuat saya jadi gugup!". Alih-alih terkena percikan cat atau cairan lain, pilihlah busana yang mudah, praktis dan nyaman.

3. Datanglah dengan contoh foto

White menyarankan bagi Anda yang ingin mewarnai rambut untuk melakukan riset sebelumnya. Carilah contoh foto yang memiliki warna kulit dan warna mata mirip dengan Anda. Membawa contoh gambar nyata dapat memberi gambaran bahwa warna yang Anda inginkan tersebut dapat diaplikasikan dengan indah pada rambut.

4. Jangan banyak bergerak

Hill berkali-kali menghadapi klien yang tak bisa diam, entah itu bergerak untuk minum kopi, membaca majalah, menelpon atau bahkan ber-selfie dan sibuk dengan perangkat gadget-nya. "Jika Anda melakukan gerakan terlalu banyak terutama pada bagian kepala, maka hasil yang didapat akan bisa berantakan. Warna highlight bisa salah tempat dan bergeser," ujar Hill.

5. Jangan ganggu ahli pewarna rambut

Salah besar jika selama ini Anda mengajak ahli pewarna atau gunting rambut Anda mengobrol tanpa henti. Menurut Hill, mewarnai dan menggunting rambut adalah prosedur yang rumit dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Jika klien mengajak berbicara terus menerus , justru malah dapat menggangu pekerjaannya. Berbicara di awal dan pemberitahuan sebelum proses sangat disarankan agar sang ahli lebih berkonsentrasi saat pengerjaan. 

6. Luangkan waktu dan realistis

"Jika memiliki rambut berwarna hitam cenderung gelap kemudian ingin diubah menjadi nuansa pirang yang super-terang dalam waktu sejam, sangat mustahil," ujar Hill. Jika tak dapat memperkirakan waktu dengan baik, jangan harap mendapatkan hasil yang terbaik pula.

7. Lindungi rambut dari sinar matahari

"Warna rambut akan teroksidasi jika tidak dilindungi dan tanpa proteksi yang memadai. Gunakan topi atau selendang kepala untuk menghalau sinar matahari selama berada di area terbuka. "Saya lelah mendengar klien mengeluh tentang warna rambutnya yang berubah setelah lama tekena sinar matahari. Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari selama ada keinginan dari diri kita untuk melindungi," tukas Hill. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com