Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan Cerdas Ini Mampu Beri Solusi Para Gadis di Negara Miskin

Kompas.com - 15/08/2015, 21:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Bersyukurlah menjadi wanita dengan ekonomi yang cukup dan hidup dalam segala kelengkapan. Menstruasi atau siklus haid yang selama ini dianggap hal lumrah bagi para wanita, nyatanya tak mudah dihadapi mereka yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Taukah Anda, bahwa sembilan dari sepuluh wanita yang hidup di bawah garis kemiskinan, tak memiliki sarana sanitasi yang memadai, khususnya saat berhadapan dengan datang bulan? Pembalut sekali buang adalah barang mewah yang sulit didapat oleh para wanita ini. Akhirnya pembalut yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali atau disebut juga rags menjadi pilihan mereka.

Membersihkan rags bukanlah sebuah hal mudah. Rags dianggap sebagai suatu hal tabu dan tak pantas bagi masyarakat umum, yakni tempat tinggal para wanita ini. Mereka diharuskan mencuci dan menjemur rags ditempat yang tak terlihat oleh siapapun.

METRO.CO.UK Atas penemuan luar biasa ini, produk Flo mendapat penghargaan sebagai International Design Excellence Awards tahun 2015.

Alhasil, para wanita ini menyimpan rags dalam keadaan bekas pakai yang kotor di tempat tak higienis hingga dapat membersihkannya. Hal tersebut memliki dampak buruk yang berhubungan dengan infeksi dan masalah reproduksi. Pilihan lainnya adalah para wanita ini memilih untuk berdiam diri di rumah selama datang bulan. Artinya menjauhkan mereka dari segala aktivitas.

Masalah tersebut kini telah terpecahkan dengan ide inovasi yang diluncurkan oleh siswa sekolah desain yang berkolaborasi mewujudkan sebuah Flo. Flo pada dasarnya merupakan sebuah alat portabel yang memungkinkan para wanita untuk mencuci dan menjemur rags mereka dalam keadaan tertutup. Flo terbuat dari bahan plastik berbahan kuat, nyaman dan dijual dengan harga kurang dari tiga dollar AS atau setara dengan Rp 30.000.

Atas penemuan luar biasa ini, produk Flo mendapat penghargaan sebagai International Design Excellence Awards tahun 2015. Dalam situs proyek Flo ini, James Dyson Foundation sebagai pihak yang meluncurkan kreasi ini, menuliskan, "Kini para gadis yang tidak mampu dapat bekerja dan mengontrol siklus haid mereka. Hingga mereka tak harus menyerah dengan impian dengan berdiam diri di rumah dan tentunya dapat beraktivitas kapan saja hingga meraih keinginan yang mereka cita-citakan."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com