Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Uang Tip yang Wajar untuk Terapis di Salon?

Kompas.com - 16/08/2015, 13:11 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Ask


KOMPAS.com – Selain produk, harga, dan kualitas, hal lain yang membuat seseorang kembali mengunjungi salon adalah penanganan yang baik dari terapis di salon. Oleh karena itu, tak ayal banyak wanita hobi merawat diri sudah memiliki terapis langganan di sebuah salon pilihannya.

Nah, sekarang pertanyaannya, apakah Anda sudah memberikan uang tip yang sewajarnya pada terapis favorit Anda tersebut?

Berdasarkan kajian pada Emily Post Institute, perhitungan uang tip yang layak adalah 15 hingga 20 persen dari total biaya perawatan Anda. Jadi, apabila seluruh perawatan yang Anda lakukan di salon mencapai Rp 500.00, maka seharusnya Anda memberikan uang tip pada si terapis minimal Rp 125.000. Aturan ini berlaku  pada seluruh perawatan yang Anda pilih di Salon.

Namun, umumnya salon tidak mematok jumlah uang tip pada pelanggan atau klien. Jadi, kebanyakan para pelanggan memberikan uang tip berdasarkan uang kembalian yang mereka terima saat membayar. Tentunya, hal ini sangat merugikan para pekerja dan karyawan di salon, yang memang mengharapkan uang tip untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Kemudian, etika memberikan uang tip ini, masih menurut sumber tersebut di atas, sebaiknya diberikan pada petugas front desk di salon. Sebab, membagikan uang tip pada para terapis memang sudah menjadi bagian dari pekerjaan meereka.

Jadi, lain waktu Anda mengunjungi salon langganan, tidak perlu mencari-cari si terapis untuk memberikan uang tip. Cara tersebut bisa saja mengganggu waktu pelanggan lain yang tengah ditangani oleh terapis yang sebelumnya merawat Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com