Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancang Busana Ini Terobsesi dengan Model Super Langsing

Kompas.com - 18/08/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Refinery29

KOMPAS.com - Beberapa negara baru-baru ini menetapkan larangan bagi rumah mode untuk menampilkan model-model bertubuh sangat langsing. Akan tetapi, ada seorang perancang busana yang tidak bisa berhenti menampilkan para model super langsing dalam peragaan busana maupun iklan produknya. Hedi Slimane, direktur kreatif rumah mode Saint Laurent, kerap memperoleh kritik lantaran kegemarannya menampilkan model kurus.

Ternyata, ada alasan di balik keputusan Slimane untuk tidak berhenti menampilkan para jenis model tersebut. Alasan itu tidak lain adalah berasal dari pengalaman pribadinya saat masih berusia remaja. Slimane dahulu memiliki tubuh yang amat langsing.

"Saya memiliki bentuk tubuh persis seperti para model yang saya audisi atau mereka yang berjalan pada peragaan busana Saint Laurent. Jaket selalu kebesaran ketika saya kenakan. Banyak teman di SMA atau keluarga membuat saya merasa seperti setengah manusia karena saya kurus dan tidak atletis," ujar Slimane.

Beberapa kali Slimane pun mendapat cemoohan karena bentuk tubuhnya tersebut hingga ia merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri. Akhirnya, saat usianya mencapai 15 hingga 17 tahun, Slimane memutuskan untuk lebih banyak makan dan berolahraga.

Selera Slimane dalam memilih model-model bertubuh super langsing tampaknya tidak jauh dari pandangannya tentang tubuh yang kurus dianggap sebagai kualitas diri yang tidak menarik dan aneh. Hal ini berasal dari pengalamannya sendiri dan barangkali ia mencoba untuk menumbangkannya dengan pilihan modelnya tersebut.

Selain itu, model-model bertubuh kurus yang diseleksi untuk memeragakan busana koleksi Saint Laurent juga terkait dengan kegemaran abadi Slimane akan musik. Slimane menyukai para rocker bertubuh super-kurus dari era 1970-an, era di mana ia tumbuh dewasa.

"Saya akan berjalan menuju para pahlawan musik saya dan hal ini membuat saya merasa tenang. Mereka terlihat sama seperti saya dan saya akan melakukan apapun untuk bisa seperti mereka. Saya juga tidak menyembunyikan diri di balik busana longgar untuk menghindari komentar negatif. David Bowie, Keith Richards, Mick Jagger, Mick Jones, Paul Weller, saya merasa terhubung dengan estetika, gaya, dan daya pikat mereka," ungkap Slimane.

Pada bulan Juni 2015 lalu, iklan koleksi musim semi 2015 Saint Laurent dilarang tayang oleh Advertising Standards Authority di Inggris karena dianggap tidak bertanggung jawab lantaran menampilkan model-model super kurus, salah satunya adalah Kiki Willems. Lembaga itu menganggap Willems tidak sehat karena tulang rusuk dan tulang selangkanya begitu terlihat.

Slimane juga dikritik pedas atas pemilihan model pria yang dilakukannya. Pada tahun 2013 lalu, Slimane dihujat lantaran menampilkan seorang model pria bertubuh sangat kurus dalam peragaan busana Saint Laurent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com