Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hebat, Nenek Usia 87 Tahun Akhirnya Lulus Kuliah

Kompas.com - 18/08/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan tak mengenail jender, usia, maupun latar belakang apapun. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang nenek berusia 87 tahun, asal Omaha, Nebraska, Amerika Serikat.

Nenek bernama Jean Kops ini memilih kembali menempuh pendidikan di universitas usai suaminya meninggal pada tahun 2011. Kops yang terus bersedih karena ditinggal sang suami yang telah menjadi pasangan hidupnya selama 60 tahun, akhirnya memilih kuliah sebagai jalan keluar untuk mengobati kepedihan hatinya.

Anak-anak Kops pun mendukung keputusan sang ibu. Pasalnya kuliah di perguruan tinggi, sebenarnya adalah mimpi Kops yang sempat tertunda. Pada tahun 1940, ia pernah menempuh pendidikan di University of Nebraska selama satu tahun. Namun ia harus hengkang dari dunia perkuliahan usai fokus dengan kehidupan rumah tangga yang dijalaninya. Sejak saat itu, ia tak pernah lagi menginjakkan kaki lagi guna menimba ilmu di perguran tinggi, meski mendiang suami Kops, sering mendorongnya untuk kuliah lagi.

Kops akhinya mengambil jurusan sejarah musik dan film dan memulai kuliahnya dengan dua kelas online, sebelum akhirnya duduk di bangku kuliah nyata. Sebagai orang yang paling senior di kelas kuliahnya, Kops ternyata memberikan banyak inspirasi bagi teman-teman sekelasnya. Profesor sosilogi di kelas Kops mengatakan, "Ia tak hanya memberikan arti personal bagaimana sebuah kebijaksanaan mempengaruhi hidup kita, tetapi juga menunjukkan hal-hal apa saja yang berubah dan tetap tak berubah."

Usai dua tahun kuliah, Kops akhirnya berhasil lulus dan mendapatkan gelarnya. Anak Kops, Patty berkata, "Ia sungguh luar biasa. Seperti bunga yang bermekaran, kini kembali hidup." Lantas apa yang ingin dilakukan oleh Kops setelah lulus kuliah? Kops menjawab, "Saya akan segera menemukan sesuatu!"


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com