Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2015, 15:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber the sun

KOMPAS.com – Apa tubuh ideal menurut definisi Anda? Perut rata, bokong padat, dan payudara proporsional, seperti tubuh Kim Kardashian? Tubuh tinggi dan kurus seperti supermodel? Apapun jawaban Anda, sebenarnya wanita selalu memiliki seorang sosok yang menggambarkan tubuh impian mereka.

Kecenderungan keinginan untuk memiliki bentuk tubuh ideal ini pun menginspirasi Superdrug's Online Doctor untuk mempersembahkan citra tubuh ideal wanita. Desainer grafis wanita dari seluruh dunia pun diminta untuk menciptakan citra tubuh ideal menggunakan aplikasi Photoshop.

Setiap desainer grafis tersebut diberikan arahan untuk mengubah citra wanita yang mengenakan pakaian dalam menjadi citra wanita yang dianggap cantik di negara mereka. Setiap foto yang akan ditampilkan harus diberi estimasi indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI). Adapun indeks massa tubuh yang sehat adalah antara 18,5 hingga 24,9.

Pakar citra tubuh Natasha Devon memberikan penjelasan tentang foto-foto wanita yang dianggap sempurna. "Kecantikan itu tidak jelas dan tidak ada pakemnya, hanya opini yang dilontarkan orang-orang. Kemanapun Anda pergi, kecantikan akan sulit dicapai menurut masyarakat kawasan tersebut," ujarnya.

Ada beberapa citra tubuh wanita ideal dari beberapa negara yang dirangkum dalam uraian berikut ini.

1. Tiongkok
Budaya Tiongkok memandang sisi feminin seorang wanita dari bentuk tubuh yang mungil. Di negara tersebut, menurut Devon, gangguan makan sering dialami oleh wanita. "Banyak siswi Tiongkok yang pernah bekerjasama dengan saya mengatakan bahwa orangtua mereka mendesak mereka untuk menurunkan berat badan, meskipun mereka tidak kelebihan berat badan," tutur Devon. Adapun BMI rata-rata adalah 17.

2. Italia
Citra tubuh wanita Italia yang dibuat oleh desainer grafis menunjukkan bentuk fisik klasik wanita Italia. Namun, bentuk tubuh demikian akan mudah dicapai dengan penambahan tinggi badan. Wanita Italia cenderung pendek dan langsing. "Sehingga, citra tubuh ideal wanita yang berlekuk dan tinggi membuat mereka merasa tidak nyaman dengan tubuh mereka," imbuh Devon. BMI yang ditampilkan dalam citra tersebut adalah 18.

3. Inggris
Menurut Devon, gadis-gadis remaja Inggris saat ini terobsesi dengan pinggang yang amat kecil dan paha yang sempit dibandingkan dengan ukuran pinggul. Namun, citra demikian tidak tampak dalam foto yang diciptakan desainer grafis, yakni berupa citra wanita dengan tubuh sedikit berisi dengan BMI 21.

4. Amerika Serikat
"Foto yang ditampilkan adalah wanita dengan pinggang yang kecil dengan kaki yang kurus dan sangat panjang. Wajahnya terlihat amat muda. Ini masuk akal karena wanita Amerika Serikat terobsesi dengan tampilan wajah yang muda dan Botox. Citra tubuh yang ditampilkan adalah paduan putri Disney dan bintang program televisi. BMI sekitar 21,3," jelas Devon.

5. Mesir
Menurut Devon, wanita Mesir terobsesi dengan bokong padat dan kencang, persis seperti digemari pada budaya pop. Hal ini terefleksi pada citra tubuh wanita Mesir yang ditampilkan. Desainer grafis menciptakan citra wanita yang memiliki lekuk tubuh sempurna, bokong besar, dan pinggang lebar. Adapun BMI mencapai 22.

6. Spanyol
"Wanita Eropa memiliki reputasi yang dikenal di seluruh dunia karena kebanggaan dan kemampuan mereka untuk tetap langsing. Sehingga, sangat menarik melihat hal sebaliknya terjadi di Spanyol. Citra tubuh yang diciptakan desainer grafis dari Spanyol menampilkan bagaimana wanita di sana menyukai lekuk tubuh dan figur yang lebih berisi. BMI 25,5," jelas Devon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber the sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com