Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian wanita gemar menghiasi kuku-kuku mereka dengan cat dan aplikasi seni hias kuku yang menampilkan beragam ornamen. Namun demikian, menyebalkan rasanya apabila cat kuku yang sudah dipulas dengan hati-hati dan teliti ternyata terkelupas dalam waktu yang singkat atau menggumpal karena tak sengaja.

Selama ini ada anggapan bahwa cat kuku yang terkelupas atau menggumpal terjadi karena Anda tidak menunggu cukup lama hingga cat kuku yang dipulaskan benar-benar kering. Nah, ternyata bukan itu sebabnya, melainkan Anda melewatkan satu langkah penting dalam pengaplikasian cat kuku. 

Ternyata, Anda disarankan untuk memulaskan cairan pembersih cat kuku terlebih dahulu. Tampaknya memang langkah ini tidak berguna karena sebelum mengaplikasikan cat kuku, kuku Anda sudah dalam keadaan bersih. Selain itu, cairan pembersih cat kuku juga seringkali dianggap membuat cat kuku sulit melekat sempurna pada kuku. Namun ternyata tidak demikian. 

Sebaiknya, pulas kuku-kuku Anda dengan cairan pembersih cat kuku terlebih dahulu sebelum melakukan pulasan pertama cat kuku pada kuku Anda. Langkah ini membantu cat kuku melekat sempurna dengan menghilangkan minyak-minyak alami dari permukaan kuku. Anda bisa menggunakan cairan pembersih cat kuku aseton maupun non-aseton. 

Ada yang menyatakan bahwa cairan base coat berfungsi sama, yakni untuk membantu cat kuku melekat sempurna. Namun, Anda yang tidak memiliki cairan base coat di rumah tentu tidak perlu repot membeli kalau Anda telah memiliki cairan pembersih kuku. Selain itu, cairan pembersih kuku mudah kering, sehingga Anda bisa langsung mulai memulas cat kuku.

Selain mudah dan efisien, memulaskan cairan pembersih cat kuku sebelum mengaplikasikan cat kuku terbukti membuat cat kuku Anda melekat dengan sempurna dan tahan lama. Langkah ini akan membuat cat kuku bertahan selama lima hari hingga seminggu. Cat kuku akan bertahan lebih lama jika Anda mengaplikasikan cairan top coat setelah mengaplikasikan cat kuku. Tertarik mencobanya sekarang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com