Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Baru, Nama Bayi Terinspirasi "Frozen" dan "Game of Thrones"

Kompas.com - 20/08/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang menjadi inspirasi orangtua untuk memilih nama bagi buah hatinya. Namun, kini ada tren baru nama bayi yang menjadi favorit. Bahkan semakin banyak orangtua memberikan nama bayi mereka yang terinspirasi dari tokoh karakter fiksi, seperti Game of Thrones dan Frozen.

Biro Statistik Nasional Inggris menyusun nama-nama bayi paling populer di Inggris dan Wales setiap tahunnya. Meskipun nama-nama tradisional seperti Oliver dan Amelia tetap berada pada posisi teratas, namun ada peningkatan dalam pemilihan nama bayi berdasarkan budaya pop.

Film Game of Thrones memberikan pengaruh yang amat besar dalam pemilihan nama bayi sepanjang tahun 2014. Ada sebanyak 53 orang bayi yang diberi nama Khaleesi, gelar yang diberikan kepada karakter pemimpin Daenerys dalam cerita fiksi tersebut. Sementara itu, ada sembilan orang bayi di Inggris yang diberi nama Daenerys.

GOODHOUSEKEEPING.COM Biro Statistik Nasional Inggris menyusun nama-nama bayi paling populer di Inggris dan Wales setiap tahunnya.

Arya, karakter wanita dalam Game of Thrones pun menjadi pilihan bagi banyak orangtua Inggris. Tercatat sebanyak 244 orang bayi diberi nama berdasarkan karakter tersebut. Sementara itu, nama-nama karakter pria dalam Game of Thrones, seperti Theon dan Tyrion cenderung kurang populer, namun tetap menjadi pilihan bagi sebagian orangtua.

Namun, soal budaya pop, karakter-karakter Disney pastinya tidak akan dilupakan. Nama Elsa dari film Frozen melonjak popularitasnya, dengan data menunjukkan bahwa sebanyak 537 orang bayi diberi nama sesuai karakter itu pada tahun 2014. Anna, adik Elsa, pun menjadi nama yang populer di kalangan orangtua Inggris. Meski terjadi penurunan popularitas, namun sebanyak 804 bayi diberi nama berdasarkan karakter tersebut.

Data-data tersebut memang hanya terbatas pada kawasan Inggris dan Wales, namun kecenderungan yang sama bisa saja terjadi di kawasan lain di dunia. Di Amerika Serikat, nama Khaleesis melonjak popularitasnya dan tercatat sebanyak 1.000 orang bayi diberi nama Elsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com