Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembarang Edit Foto, Akun Instagram Ini Bikin Netizen Wanita Berang

Kompas.com - 21/08/2015, 13:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Sebuah akun bernama @project_harpoon tiba-tiba muncul di media sosial Instagram dan mengedit foto aktris bertubuh plus sehingga membuat netizen wanita meradang.

Akun yang mendeskripsikan unggahan fotonya sebagai inpirasi kecantikan tubuh kurus ini mempromosikan bahwa tubuh kurus membuat wanita merasa lebih menawan. Namun, sayanganya, cara mereka dalam menyimpulkan kecantikan di tubuh langsing, terbilang kasar dan ofensif.

Pada sejumlah foto yang diunggah, @project_harpoon memperlihatkan foto-foto para wanita bertubuh plus, lalu mereka mengeditnya dengan mengecilkan ukuran sehingga terlihat jauh lebih langsing.

Teknik edit yang digunakan @project_harpoon bernama Digital Liposuction alias sedot lemak digital. Alhasil, hasil editan mereka terlihat tidak proporsional dan tak masuk akal.

Salah satu foto aktris yang diedit adalah Rebel Williams yang memang tersohor memiliki tubuh berisi. Foto Williams itu diedit besar-besaran sehingga terlihat sangat kurus. 

Ada pula supermodel bertubuh plus, Tes Holiday, yang tubuhnya juga diedit hingga nampak sangat kurus karena payudara dan bokong Holiday mendadak menjadi kecil.

Alhasil, banyak orang geram dan  meradang melihat ulah @project_harpoon yang menjadikan tubuh wanita berisi bahan olok-olokan di media sosial.

Publik pun tak ragu untuk menuliskan komentar pada akun yang memiliki 390 follower tersebut. 

"Memanggil orang gemuk bukanlah inspiratif. Itu pelecehan. Akun ini mengambil foto dari orang asing dan menurunkan kepercayaan diri mereka. Ironisnya 'kurangnya percaya diri' adalah efek samping negatif dari obesitas yang dibuat oleh akun ini,"  tulis salah satu komentar.

Ada pula yang menulis, “Ada begitu banyak wanita cantik yang bunuh diri tiap hari karena apa yang kau lakukan dan kau bangga melecehkan orang lain dnegan mempromosikan kurus itu lebih cantik,".

Pembuat akun @project_harpoon yang tak diketahui identitasnya ini juga tak mau kalah membalas umpatan dan makian tersebut.

"Aku mungkin saja menyerang 1.000 orang. Namun, untuk dapat menginspirasi satu orang menurunkan bobot tubuhnya dan hidup lebih lama serta lebih bahagia, itu tak mengapa bagiku," tulis pemilik akun @project_harpoon.

Namun, para netizen tidak tinggal diam, mereka pun mengalihkan aksi protes dengan melaporkan akun ini pada pihak Instagram. Jadi, tingga tunggu waktu saja, Instagram menutup akun yang menjadikan bentuk tubuh wanita sebagai lelucon.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com