Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Memilih Produk Tabir Surya yang Sesuai Iklim Tropis?

Kompas.com - 22/08/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Dengan kondisi iklim Indonesia yang berada di kawasan tropis, maka kulit terpapar sinar matahari sepanjang tahun. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet terbukti tidak hanya membuat warna kulit menjadi lebih gelap hingga terbakar, namun akan menimbulkan berbagai macam masalah kulit dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu, para wanita di Indonesia harus mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, tidak terkecuali di dalam ruangan. Namun, belum banyak orang yang memahami jenis produk tabir surya yang tepat untuk diaplikasikan pada kulit masyarakat yang hidup di daerah beriklim tropis.

"Gunakan produk dengan SPF yang benar. Untuk iklim seperti di negara kita, gunakan produk yang memiliki spektrum lebar. SPF minimum 30 untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Pilih juga produk dengan PA ++++ untuk melindungi dari sinar UVA," ujar dr Amaranila Lalita Drijono SpKK, dokter ahli spesialis kulit pada konferensi pers L'Oréal UV Perfect Aqua Essence City UV Mix di Gaia Ristorante, Kamis (20/8/2015).

Selanjutnya, dr Amaranila menjelaskan, pada dasarnya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum membeli produk tabir surya. Pertama, kenali lokasi atau kawasan geografis tempat tinggal saat ini. Lokasi, kawasan, atau negara tempat tinggal akan mempengaruhi jenis tabir surya yang dibutuhkan.
Produk tabir surya untuk negara beriklim panas dan kering tentu tidak cocok diaplikasikan untuk penduduk negara iklim panas dan lembap.

Aspek selanjutnya adalah kondisi kulit. Menurut dr Amaranila, setiap produk tabir surya memiliki peruntukan yang berbeda tergantung kondisi kulit. Penting untuk mengenali kondisi kulit Anda, baik normal, kering, maupun berminyak sebelum memilih produk tabir surya.

"Jenis kulit juga harus diperhatikan. Hampir 90 persen orang Indonesia berkulit sawo matang. Oleh karena itu, tabir surya untuk orang-orang Eropa yang sebagian besar berkulit putih pasti tidak cocok untuk kulit orang Indonesia," tutur dr Amaranila.

Selain itu, jenis kelamin pun menentukan produk tabir surya yang akan dipilih. Kaum pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, misalnya, tentu akan merasa sangat repot apabila harus mengaplikasikan tabir surya berkali-kali. Oleh sebab itu, mereka biasanya dianjurkan untuk memilih produk tabir surya dengan kandungan SPF yang lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com