Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2015, 17:26 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com –- Pontianak, Kalimantan Barat, adalah daerah yang dilintasi oleh garis imajiner khatulistiwa. Jadi, tak heran jika kota yang dilewati sungai kapuas ini memiliki iklim tropis yang cenderung kering.

Nah, untuk wanita Indonesia, cuaca panas dan terik matahari merupakan momok yang sangat hindari karena tak ingin kulit menjadi hitam dan gelap. Namun, hal tersebut  tidak terjadi pada wanita Pontianak.

Jika Anda berkunjung ke Pontianak, maka Anda akan melihat  betapa wanita di Pontianak sangat aktif beraktivitas di luar ruang. Namun, menariknya, kulit mereka tetap terjaga indah, kuning langsat, dan cerah. Komposisi penduduk yang mayoritas beretnis Melayu, Tionghua, dan Dayak serta kekayaan akulturasi, wanita Pontianak memang memiliki kecantikan khas.

Salah seorang wanita kelahiran Pontianak berprestasi, Chintya Fabyola (20), yang terpilih sebagi runner up Putri Indonesia dan mendapat gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2015,  mengungkapkan bahwa sebenarnya wanita Pontianak tak memiliki perawatan khusus khas daerah.

Alhasil, pertanyaan soal rahasia kecantikannya sebagai perwakilan wanita Pontianak, Chintya menjawabnya dengan tawa. "Paling penting banyak minum air putih, atau konsumsi jamu dari tumbuhan alami," ujar Cynthia yang ditemui saat acara Karnaval Khatulistiwa yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya agak segan ketika harus mengenakan kosmetik yang memiliki bahan kimia tinggi. Benar saja, saat dijumpai di acara jumpa pers Karnaval Khatulistiwa yang berlokasi di Hotel Harris, Pontianak (21/8/2015), Cynthia hanya mengenakan riasan wajah yang minim. Terlihat hanya pulasan pewarna kelopak mata berwarna gelap yang dikenakan tipis dan membingkai matanya.

"Satu lagi yang paling penting, selalu tersenyum. Make up apapun yang dipakai akan lebih baik saat tersenyum," ujar sang wanita cantik yang tengah mempersiapkan diri untuk melaju ke ajang Miss Internasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com