Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rahasia Cantik Rambut Hitam Legam Wanita Suku Dayak

Kompas.com - 24/08/2015, 14:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com –- Umumnya, orang Indonesia terlahir dengan rambut warna hitam yang alamiah. Namun, seiring usia, terjadilah proses penuaan yang mengakibatkan tumbuh uban dan rambut pun menipis.

Alhasil, tak sedikit wanita berusia matang di Tanah Air melakukan segala cara untuk menghambat proses penuaan terutama pada rambut. Mereka memilih berbagai cara, mulai dari langkah natural hingga teknik berteknologi tinggi.

Hal tersebut di atas, bisa jadi bukan masalah bagi wanita Dayak. Pasalnya, para wanita suku yang bermukim di pedalaman Kalimantan tersebut, meski sudah berusia lanjut, rambut mereka tetap hitam legam dan tebal.

Pekan lalu, di sela-sela gebyar pembukaan perhelatan Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat, Kompas Female berkesempatan bertemu langsung dengan salah seorang wanita suku dayak bernama Lilis.

Lilis yang merupakan istri dari penggiat seni kebudayaan suku Dayak di Kalimantan Barat, Yohanes Palaunsoeka, membeberkan rahasia unik rambut hitam dan tebal para wanita suku Dayak.  

Sebelum sesi wawancara di mulai, Yohannes yang akrab disapa Anes, meminta kami untuk menebak usia Lilis.

Jika dilihat dari penampilan fisik Lilis yang terlihat bugar, cantik, kulit pun masih relatif muda, dan rambut tanpa uban, maka angka 40 tahun pun tercetus sebagai jawaban.

Anes pun tertawa mendengar jawaban tersebut, karena ternyata istrinya itu sudah berusia 50 tahun lebih.

"Wanita Dayak itu sangat alami," ujar Anes.

Lilis pun membenarkan pernyataan sang suami, dengan mengungkapkan rahasia rambut hitam legamnya. "Saya sering pakai buah langir untuk keramas. Jika digosok akan keluar busa," terang Lilis.

Kemudian, rahasia lainnya yang tak kalah unik adalah mereka rajin merawat rambut dengan bunga kembang sepatu. "Kembang sepatu ditumbuk kemudian dioleskan ke rambut," 

Perawatan herbal dan alamiah itu, kata Lilis, membuat rambut kuat dan hitam lebih lama.

Selanjutnya, Lilis bercerita pernah mencoba mewarnai rambut. Namun, cat rambut itu justru luntur dan rambutnya tetap bertahan hitam pekat.

Apabila Anda tertarik merawat rambut indah dan hitam, maka tak ada salahnya mencoba perawatan  buah langir dan bunga kembang sepatu khas wanita Dayak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com