Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Buktikan, Alis Berperan Penting pada Penampilan Wanita

Kompas.com - 25/08/2015, 16:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com -- Sekarang ini semakin banyak wanita yang tampil dengan alis yang tebal dan penuh. Memang, kini tren kecantikan yang sedang digemari adalah penampilan dengan bentuk alis yang demikian. Namun, apakah Anda mengetahui seberapa penting peran alis dalam menentukan penampilan seseorang?

Ternyata, sudah sejak lama topik ini menarik perhatian para ahli untuk diteliti lebih lanjut. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di University of Lethbridge, Kanada, mengadakan penelitian dengan meminta para responden untuk memperhatikan dua foto selebriti.

Foto pertama menampilkan foto tanpa mata dan foto lainnya tanpa alis. Kemudian, para responden diminta mengenali wajah yang terdapat pada foto tersebut.

Hasilnya, 56 persen responden mampu mengidentifikasi wajah selebriti yang diperlihatkan pada foto tanpa mata. Namun, hanya 46 persen responden yang mampu mengenali wajah selebriti yang ditampilkan tanpa alis. Akhirnya, hasil penelitian ini membawa para peneliti untuk sampai pada kesimpulan bahwa alis adalah kunci untuk mengenali wajah seseorang.

Selain itu, para ahli juga meyakuni bahwa ada alasan lain mengapa wanita saat ini menjadikan bentuk alis yang tebal dan penuh sebagai standar kecantikan masa kini. Menurut Javid Sadr, salah satu anggota tim peneliti, bentuk alis yang tebal di masa kini sama saja dengan tren bahu yang membentuk dengan tegas pada era 1990-an.

"Ada pergerakan besar di mana semakin banyak wanita di tempat kerja dan semakin banyak wanita yang menembus norma-norma (kecantikan) yang dianggap normal. Di masa lalu, busana dengan pengganjal bahu yang besar akan menampilkan kesan dan sosok yang sedikit lebih maskulin. Tren ini memberikan pernyataan tentang pemberdayaan wanita," jelas Sadr.

Memang, tidak semua wanita tampil dengan alis tebal yang merupakan hasil riasan seperti pensil alis. Tidak sedikit pula wanita yang terlahir dengan bentuk alis tebal dan penuh secara alami. Namun, hasil penelitian ini dapat memberikan makna bahwa penampilan dengan alis yang tebal membuat wanita merasa eksistensinya diakui dan terlihat lebih berdaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com