Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model "Down Syndrome" Cilik Ini Jajal Peragaan Mode

Kompas.com - 26/08/2015, 17:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber People

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, dunia mode diramaikan dengan dua model muda, Madeline Stuart dan Jamie Brewer yang berpartisipasi dalam ajang Pekan Mode New York. Keduanya merupakan pengidap down syndrome, namun tampil begitu percaya diri di lantai peraga. Kini, ada satu lagi model down syndrome yang juga ikut menjajal lantai peragaan busana.

Kayla Kosmalski yang masih berusia sembilan tahun dan seorang pengidap down syndrome menjadi model cilik yang tampil dalam peragaan busana profesional. Kosmalski telah bergabung menjadi wajah baru model peritel fashion Gap dan berjalan di peragaan busana GapKids x ED pada Sabtu (22/8/2015) akhir pekan lalu di Miami, Amerika Serikat.

Kosmalski menampilkan koleksi busana anak-anak yang merupakan label mode baru kolaborasi antara Gap Kids dengan presenter televisi Ellen DeGeneres. Ia tampil bersama 13 orang anak perempuan lain yang menjadi model. Keempat belas anak ini dijuluki "power girls" karena empat diantaranya merupakan penyandang disabilitas.

Acara peragaan busana anak-anak ini terselenggara pula berkat bantuan dari Changing the Face of Beauty, sebuah lembaga nirlaba yang memberikan advokasi terhadap representasi setara atas penyandang disabilitas di iklan-iklan dan media.

"Kayla adalah seorang anak perempuan yang hebat. Ia begitu menikmati sorotan yang tertuju padanya dan dunia modeling. Ia sangat bisa menyesuaikan diri," ujar Katie Driscoll, pendiri Changing the Face of Beauty.

Sebelumnya, seorang gadis asal Australia bernama Madeline Stuart (18) akan menjadi model pengidap down syndrome pertama yang akan menjajal lantai peraga Pekan Mode New York.

Namun, Madeline bukan model pengidap down syndrome pertama yang berjalan di lantai peraga pekan mode kenamaan dunia tersebut. Sebelumnya, seorang model bernama Jamie Brewer juga pernah menjajal lantai peraga sebuah peragaan busana di New York pada bulan Februari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com