Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Buktikan, Dilarang Cek "Gadget" Saat Makan Malam Bersama

Kompas.com - 27/08/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Di masa modern seperti saat ini, perangkat komunikasi elektronik atau gadget menjadi benda yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang ketergantungan dengan gadget malah membuat orang-orang di sekitar Anda cukup kesal seakan tidak diperhatikan atau merasa disepelekan.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa mengecek gadget saat makan malam bersama keluarga merupakan hal yang sangat dibenci dan tidak disukai. Survei yang dihelat oleh Pew Research Center tersebut menyimpulkan bahwa 88 persen responden tidak senang apabila gadget tetap digunakan saat makan malam.

Selain itu, survei tersebut juga menyebutkan bahwa 94 persen responden menyatakan gadget tidak sepatutnya digunakan pada saat rapat. Sementara itu, 95 persen responden menyatakan gadget tidak boleh digunakan di dalam bioskop dan 96 persen responden menyatakan haram menggunakan gadget selama acara keagamaan atau peribadatan.

Secara umum, 82 persen responden mengatakan bahwa menggunakan gadget saat situasi sosial akan melukai dan menginterupsi perbincangan yanag bergulir. Namun demikian, fakta ini tidak menghentikan orang-orang untuk tetap mengecek perangkat komunikasi digital mereka. Sebanyak 89 persen respoden mengaku menggunakan gadget selama acara kumpul-kumpul atau reuni, paling sering adalah membaca pesan singkat atau e-mail, mengambil gambar, dan mengirim pesan singkat.

Survei tersebut dilakukan terhadap 3.000 responden. Para responden pun mengungkapkan beberapa situasi yang membolehkan penggunaan gadget. 77 persen menyatakan boleh-boleh saja menggunakan gadget sambil berjalan kaki, 75 persen menyatakan sah-sah saja mengecek gadget di transportasi publik dan 74 persen saat mengantri.

Para pria secara umum lebih mengizinkan penggunaan gadget di acara-acara atau situasi sosial ketimbang wanita. Selain itu, survei tersebut menemukan pula bahwa hanya 16 persen orang dewasa antara usia 18 hingga 29 tahun yang menyatakan boleh-boleh saja menggunakan gadget saat makan malam bersama keluarga.

Kesimpulannya, tidak ada salahnya sejenak melupakan gadget saat menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat. Sebab, tidak ada yang lebih menyenangkan dari perbincangan hangat dengan orang-orang terdekat di tengah padatnya kesibukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com