Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta Fashion Week (JFW), pekan mode tahunan ternama di Indonesia sekaligus terbesar di Asia Tenggara akan segera kembali hadir. Di tahun penyelenggaraan yang kedelapan ini, JFW 2016 akan dihelat pada tanggal 24 hingga 26 Oktober 2015 di Senayan City, Jakarta.

Menurut Lenny Tedja, Direktur JFW 2016, seperti tahun-tahun sebelumnya, JFW 2016 akan menghadirkan ratusan perancang busana Indonesia dan mancanegara. Mereka akan menampilkan koleksi terbaik yang akan menjadi arahan dan acuan mode di Indonesia sepanjang tahun 2016 mendatang.

"Perkembangan Jakarta Fashion Week adalah setiap tahun semakin baik dan secara internasional semakin dipandang. Jumlah desainer yang akan tampil selama tujuh hari penyelenggaraan itu total sekitar 250 desainer. Desainer internasional ada sekitar 10 atau 15 desainer," terang Lenny di sela-sela konferensi pers JFW 2016 di Magnum Cafe, Grand Indonesia Shopping Town, Kamis (27/8/2015).

Lenny pun menjelaskan bahwa seperti penyelenggaraan JFW tahun-tahun lampau, JFW 2016 juga akan menghadirkan para perancang busana dari beberapa negara lain. Hadirnya para perancang busana mancanegara ini merupakan kolaborasi dan "tukar panggung" antara JFW, melalui program Indonesia Fashion Forward (IFF), dengan beberapa pekan mode mancanegara.

Perancang-perancang busana tersebut di antaranya berasal dari Australia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Inggris. Sebaliknya, beberapa perancang busana muda Indonesia yang tergabung dalam IFF pun menampilkan koleksi terbaik mereka di pekan-pekan mode di negara-negara tersebut.

Lenny memberi contoh, beberapa waktu lalu perancang busana Peggy Hartanto dan Patrick Owen sempat tampil di ajang Virgin Australia Melbourne Festival dan memenangkan penghargaan Australia-Indonesia Fashion Designer Awards. Sebagai timbal balik, akan ada perancang busana yang menampilkan koleksinya di JFW 2016.

Sementara itu, dampak positif penyelenggaraan JFW diakui Lenny tidak hanya sebatas acuan dan arahan mode di Tanah Air. Para perancang busana yang menampilkan karyanya di lantai peraga JFW pun dapat mengembangkan kariernya sekaligus memajukan industri mode dan pendukungnya di Tanah Air.

Selain itu, karya-karya para perancang busana pun diminati oleh para buyer dari berbagai belahan dunia. "Tahun lalu beberapa buyer dari Eropa, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia, sempat berkunjung. Termasuk buyer dari beberapa situs belanja mode atau online yang memang sedang marak diminati," imbuh Lenny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com