Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Langsing Ini Tetap Dianggap Terlalu Gemuk

Kompas.com - 28/08/2015, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini industri mode mengampanyekan citra tubuh positif dengan menghadirkan para model yang tidak terlampau langsing. Namun, bukan berarti kampanye positif bentuk tubuh ini sepenuhnya menghilangkan citra model yang bertubuh langsing.

Agnes Hedengård (19), seorang model asal Swedia, memiliki tubuh langsing layaknya model lainnya di dunia mode. Akan tetapi, Hedengård terus-menerus diberitahukan dan dianggap terlalu gemuk oleh agensi maupun direktur casting lantaran memiliki bentuk pinggang dan bokong yang dinilai cenderung besar.

Padahal, foto-foto Hedengård menunjukkan bahwa model remaja tersebut memiliki bentuk tubuh yang langsing, tidak seperti anggapan yang dilontarkan agensi dan direktur casting kepadanya. Di samping itu, Hedengård juga menyatakan bahwa ia memiliki indeks massa tubuh hanya 17,5 yang dinilai para praktisi kesehatan sebagai kekurangan berat badan.

Berbagai agensi menyatakan bahwa Hedengård perlu membantuk tubuhnya agar tetap memperoleh pekerjaan sebagai seorang model. Namun, Hedengård menolak mengikuti saran agensi. Sehingga, model yang masih belia ini tidak dapat memperoleh penghasilan dari dunia modeling karena tidak bersedia mengikuti standar yang telah ditetapkan agensi.

Hedengård dikabarkan menolak mengikuti penilaian agensi model. Ia pun memutuskan untuk mengunggah sebuah video di situs Youtube untuk menunjukkan pada dunia bahwa ia dianggap terlalu gemuk oleh industri mode dan menantang para agensi untuk terus mempromosikan citra tubuh yang amat tidak sehat.

Menurut Hedengård, sebagian besar pihak di industri mode memaksakan standar yang aneh terhadap para model. Kalau Anda melihat foto-foto Hedengård, siapapun tidak akan menilai dirinya terlalu gemuk, sebab ia sudah memiliki tubuh yang langsing. Namun, faktanya tidak ada agensi modeling yang mau bekerjasama dengannya karena ukuran tubuhnya tidak sesuai ketentuan.

"Saya sudah pernah melakukan kontak dengan beberapa agensi dan klien-klien besar yang sangat ingin bekerjasama dengan saya. Akan tetapi, ceritanya berubah drastis sesaat setelah mereka mengetahui ukuran tubuh saya," tegas Hedengård.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com