Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Usia Muda, Dua Wanita Ini Mantap Jadi Pebisnis

Kompas.com - 29/08/2015, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Para wanita di masa kini memiliki kesempatan yang amat luas untuk mengembangkan diri sesuai minat dan bakat. Kini, para wanita pun banyak yang sukses dengan cara mereka sendiri, baik dengan jenjang karier maupun berwirausaha. Nah, dua orang wanita muda ini begitu menginspirasi karena telah mantap berkarier sebagai pebisnis di usia muda.

Karina Salim dan Asky Febrianti, keduanya kelahiran tahun 1991, memilih jenjang karier yang berbeda dibandingkan para wanita muda seusia mereka. Di saat para wanita lainnya bekerja di sebuah perusahaan dengan jam kerja yang terus konstan, Karina dan Asky memilih untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan bidang yang mereka senangi. Selain menjadi perancang busana, Asky berbisnis salon kecantikan. Sementara itu, Karina menjalani karier sebagai penari, penyanyi, aktris, dan pebisnis pusat perawatan kecantikan.

Menurut Karina, sejak kecil dirinya memang bercita-cita menjadi seorang pengusaha, mengikuti jejak kedua orangtuanya yang berprofesi demikian. Oleh sebab itu, ia memilih untuk melanjutkan pendidikan di fakultas ekonomi jurusan bisnis manajemen. Minatnya untuk terjun di dunia bisnis pun ternyata terinspirasi dari sang kakak yang memulai bisnis pangkas rambut atau barber shop.

"Aku menaruh saham di barber shop kakakku, itu pertama kalinya aku coba berbisnis. Aku melihat kesempatan, kenapa tidak membuat versi perempuannya? Akhirnya aku memulai bisnis Sucré 1,5 tahun yang lalu," ujar Karina dalam sebuah seminar yang dihelat oleh House of Perempuan (HoPE) di Lippo Mall Kemang, Jumat (28/8/2015).

Sucré, nama pusat perawatan kecantikan yang didirikan oleh Karina, melayani waxing dan berlokasi di bilangan Senopati, Jakarta Selatan. Meskipun demikian, jelas Karina, Sucré juga melayani perawatan akupunktur, tanam benang, dan tersedia pula dokter untuk melayani konsultasi seputar perawatan kecantikan.

Sementara itu, Asky sejak kecil sudah menaruh kegemaran dan minat terhadap menggambar dan desain serta busana. Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di ESMOD Jakarta. Di bangku perkuliahan ini Asky memulai kariernya sebagai seorang perancang busana. Kini, ia memiliki dua lini koleksi, yakni Ask untuk koleksi siap pakai dan Asky Febrianti untuk koleksi busana formal seperti gaun pengantin, gaun, dan gaun koktail.

Tidak berhenti di dunia mode, Asky pun bermitra dengan sahabat tercinta untuk mendirikan sebuah salon khusus untuk wanita. Salon tersebut bernama Instant Parlour dan berlokasi di kawasan Senopati pula. Menurut Asky, ide untuk memulai bisnis di bidang kecantikan tidak lepas dari kesamaan kecintaannya dan sang sahabat akan dunia kecantikan serta pengalaman sendiri.

"Kenapa aku pilih bisnis di bidang kecantikan dan membuat salon itu karena temanku suka sama hal-hal yang berbau kecantikan. Kalau aku cenderung suka penataan rambut, jadi cocok. Aku punya pengalaman sering buru-buru harus bertemu klien tapi harus menata rambut, akhirnya aku buat salon untuk mereka yang sama seperti aku. Target pasarnya memang untuk wanita karier," tutur Asky.

Kedua wanita muda ini tentu bisa menjadi inspirasi bagi Anda para wanita modern yang ingin mengejar kesuksesan berdasarkan minat dan hal yang Anda senangi. Kalau berwirausaha bisa mewujudkan itu semua, mengapa tidak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com