Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Hal Penting Berikut untuk Menjadi Desainer Busana Muslim

Kompas.com - 31/08/2015, 13:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Desainer yang sukses tak hanya menghasilkan rancangan yang indah, namun juga harus dapat memperkenalkan hasil karyanya kepada publik bahkan hingga diingat. Di era modern ini, ada begitu banyak wadah untuk menampung hasil karya para desainer. Salah satunya adalah bergabung dengan e-commers atau situs penjualan online guna memudahkan promosi sekaligus meraup penjualan hasil karya desainer pada publik. 

HijUp.com, sebagai salah satu pelopor e-commerce busana muslim misalnya, merupakan salah satu wadah para desainer busana muslim berbakat di Indonesia untuk mempublikasikan karyanya. Nama-nama desainer busana muslim Indonesia seperti Dian Pelangi, Jenahara, Ria Miranda, adalah sedikit nama yang bergabung bersama e-commerce  HijUp.com.

Diajeng Lestari, CEO dari HijUp.com mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 200 desainer yang bekerja sama dengan usahanya tersebut. Proses seorang desainer untuk dapat bergabung besama HijUp.com, ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. HijUp.com juga memiliki tim untuk mengkurasi siapa saja desainer busana muslim yang dirasa cocok untuk diajak bekerja sama. 

Menurut Diajeng, ada tiga hal penting yang diperhatikan HijUp.com saat bekerja sama dengan seorang desainer. "Pertama, karakter karya dari desainer itu sendiri," ujar Diajeng. Menurutnya penting bagi seorang desainer untuk dapat menonjolkan keunikan dari karakter busana hasil rancangannya.  

"Hal kedua adalah kualitas, saat persaingan pasar bebas akhir tahun, akan lebih banyak barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Maka dari itu kualitas sangat penting untuk keunggulan produk dari Indonesia,"

Terakhir Diajeng menyampaikan kreativitas adalah kunci yang dicari oleh HijUp.com dari desainer-desainer busana muslim. "Tentunya kami menginginkan desainer yang inovatif dan tidak hanya asal mengambil inspirasi," ujar Diajeng. Menurutnya desainer busana muslim yang umumnya berhijab sebenarnya memiliki "DNA" gayanya sendiri pada karya-karyanya. Hal tesebutlah yang menjadi keunggulan untuk para desainer busana muslim agar tak ragu bereksperimen dengan rancangannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com