Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Sering Cek Ponsel Dapat Menambah Depresi?

Kompas.com - 01/09/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Beragam studi telah membuktikan dampak negatif yang diakibatkan oleh ponsel Anda, baik secara fisik maupun mental. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa mengecek ponsel dapat memperburuk depresi apabila Anda sudah terlebih dahulu menunjukkan gejala-gejala tersebut.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Computers in Human Behavior ini menemukan bahwa orang-orang yang mengalami depresi cenderung bergantung pada ponsel mereka untuk meredakan suasana hati yang buruk. Hal ini tentu tidak mengejutkan, sebab banyak orang memilih untuk mendengarkan musik, mengecek media sosial, atau saling berkirim pesan singkat dengan teman ketika sedang mengalami bad mood. 

Yang menjadi masalah adalah segala aktivitas tersebut sebenarnya dapat membuat masalah depresi Anda bertambah buruk. Ketimbang membuat Anda merasa terhubung dengan orang lain, bergantung kepada ponsel untuk berkomunikasi seringkali disebut oleh para peneliti sebagai PUMP atau Problematic Use of Mobile Phone alias Permasalahan dalam Penggunaan Ponsel.

Nah, studi ini pun tidak hanya membeberkan fakta, namun juga memberikan solusi yang tegas dan jelas. Ketimbang menggantungkan diri pada ponsel untuk mengusir stres atau suasana hati yang buruk, lebih baik Anda sering berinteraksi di luar. Maksudnya adalah sering melakukan aktivitas komunikasi yang nyata.

Para peneliti menyarankan Anda untuk melakukan interaksi tatap muka sebagai solusi yang lebih baik untuk mengusir gejala depresi dan PUMP. Pasalnya, Anda akan merasa lebih terkait dan terhubung dengan orang lain. Di samping itu, suasana hati Anda pun otomatis akan lebih baik ketika bertemu langsung dengan keluarga maupun sahabat.

Intinya adalah terkadang rasanya sangat sulit untuk tidak mengecek ponsel, terutama saat Anda tidak ada kerjaan atau ketika suasana hati sedang tidak baik dan Anda merasa tidak semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Akan tetapi, carilah solusi yang lebih sehat untuk mengusir depresi dan stres, misalnya menggunakan telepon guna menghubungi sahabat dan segera mengatur jadwal bertemu serta berkumpul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com