Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Praktis Atasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kompas.com - 01/09/2015, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Bagian bawah mata yang kadang gelap dan membengkak membuat tampilan wanita tampak letih, tak segar dan tua. Alhasil, bagian yang disebut kantung mata tersebut seringkali menjadi musuh bagi tiap wanita.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab dari kantung mata tersebut, diantaranya ada faktor alami seperti keturunan dan penuaan sehingga otot mata menjadi semakin lemah. Ada pula faktor penyebab lainnya, yakni lemak yang berpindah ke bagian bawah mata, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, kurang tidur, dan efek alergi. Untuk meminimalisir munculnya kantung mata tersebut cobalah beberapa tips dan trik berikut yang dilansir dari situs news.com.au:

1. Gunakan concealer

Concelear atau penutup noda terbaik adalah yang berbentuk krim. Pasalnya concealer dengan bentuk bubuk dapat membuat daerah wajah terlihat terlalu kering dan meninggalkan bekas yang cukup tertera. Pilihlah concealer dengan rona natural sesuai kulit wajah karena warna tersebut paling baik untuk menutup warna gelap pada kantung mata yang cenderung kebiruan.

2. Ulas lipstik merah

Lipstik merah memiliki fungsi yang hampir sama seperti concealer. Caranya oleskan tipis di bagian kantung mata lalu timpa dengan foundation atau alas bedak. Warna merah akan bantu memberi kesan cerah setelah dibaurkan dengan alas bedak berwarna natural layaknya rona kulit wajah.

3. Aplikasikan serum mata

Pilihlah serum mata terbaik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. serum mata yang mengandung kafein sangat direkomendasikan untuk mengurangi bengkak pada lingkaran hitam di bawah mata sekaligus dapat mengencangkan kulit.

Untuk kulit sensitif, serum mata yang melembutkan dan mencerahkan sangat disarankan. Tips-nya, simpan serum bawah mata Anda pada lemari pendingan untuk memberi efek menyegarkan setiap kali diaplikasikan pada area mata.

4. Ubah posisi tidur

Alternatif lain yang dapat dicoba adalah dengan mengubah posisi tidur Anda. Cobalah untuk menambah ketinggian bantal kepala, hingga membuat kepala menjadi lebih naik ke atas. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah menumpuknya cairan pada area kantung bawah mata saat tertidur.

5. Fungsikan minyak almond, kelapa dan air mawar

Sebelum tidur, cobalah pijat lembut bagian bawah mata dengan minyak almond atau kelapa. Bilas dengan air di pagi harinya. Selain itu air dengan rendaman bunga mawar juga memiliki efek untuk melembutkan kulit wajah. Caranya, cukup rendam air dengan kelopak mawar, kemudian celupkan dua bola kapas ke dalam air rendaman tersebut, dan kompres bagian bawah mata selama sepuluh menit. Lakukan rutin sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu.

 Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com