Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Dihelat, Kompetisi Rancang Busana untuk Semua Kalangan

Kompas.com - 02/09/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Dunia mode di Indonesia kini berkembang dengan amat pesat, ditandai dengan hadirnya banyak perancang busana yang menampilkan beragam ciri khas mereka. Tidak hanya itu, di balik hal tersebut terdapat pula banyak talenta muda dan berbakat di bidang mode yang belum dikenal oleh masyarakat luas.

Untuk memperkenalkan para pemilik talenta berbakat di dunia mode ini, dihelatlah ajang Fashion Crowd Challenge (FCC) 2015. Ajang ini menawarkan kesempatan baru bagi perancang busana untuk menampilkan mimpi dan bakat mereka. FCC akan menemukan perancang busana yang dipilih oleh masyarakat dengan dukungan penuh untuk terjun ke industri mode secara global yang saat ini dinikmati oleh beberapa merek mewah sebagai arus utama.

"Secara sederhana, Fashion Crowd Challenge adalah kompetisi fashion berskala internasional. Fashion Crowd Challenge merangkul teman-teman baru di dunia fashion dan nama-nama desainer yang terbilang segar," ujar Hayoung Bang, Project Manager FCC 2015 saat konferensi pers di Beranda, Selasa (1/9/2015).

Bang menyatakan, kompetisi ini terbuka bagi semua kalangan, baik perancang busana, mahasiswa sekolah mode, siswa sekolah kejuruan, hingga ibu rumah tangga. Asalkan para calon peserta merupakan pecinta atau penggiat mode serta mampu menciptakan sebuah karya busana yang menarik.

Uniknya, yang menjadi juri adalah masyarakat umum dan ditambah dewan juri yang telah ditunjuk oleh dewan FCC. Menurut Bang, pertimbangan memilih masyarakat umum sebagai juri yang menilai karya peserta tak lain karena masyarakatlah yang memang jadi penikmat mode sesungguhnya. Sehingga, mereka dapat memilih jenis busana yang benar-benar mereka sukai dan layak untuk dikenakan.

Registrasi peserta akan dimulai pada tanggal 10 September 2015 mendatang melalui situs resmi FCC 2015. Adapun pemenang pertama akan memperoleh hadiah sebesar 100.000 dollar AS atau setara Rp 1,4 miliar. Selain itu, pemenang juga akan berkesempatan untuk mendirikan label produk mereka sendiri.

"Tujuan akhir kami adalah untuk membuat industri mode Indonesia lebih berkembang dengan menemukan banyak desainer berbakat baru serta membuat industri mode lebih terbuka bagi pecinta mode yang bertalenta," imbuh Bang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com