Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari “Malapetaka” Akibat Keliru Gunting Kuku

Kompas.com - 02/09/2015, 13:57 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com –- Saat sedang melakukan perawatan manikur, biasanya para wanita lebih fokus pada pilihan warna cat kuku. Kebersihan dan kesehatan kuku cenderung dilupakan oleh sebagian besar wanita, terutama bagian kutikula.

Menggunting kutikula kuku menjadi bagian rutinitas dalam perawatan manikur. Namun, bukan berarti hal tersebut benar dan tidak berisiko. Sebab, menurut seorang dermalogist, Dr Janet Prystowsky, menggunting kutikula kuku bisa berakibat fatal pada tubuh Anda.

“Kutikula merupakan pembatas antara kuku dan kulit jari. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari infeksi yang berasal dari bakteri serta kotoran pada kuku,” terang Dr Prystowsky.

Menurut dia, menggunting kutikula bisa menyebabkan “petaka” karena dengan begitu bakteri dan kotoran bisa bebas menempel pada kulit sekitar jari dan menyebar ke tangan.

Seperti kita ketahui bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang rentan tereskpos bakeri dan kotoran.

Pernyataan serupa diungkapkan oleh Tiffany Cooksey dari The Ultra Beauty Artistic Team. “Tangan bisa terpapar bakteri atau virus seperti herpes dan sebagainya,” pungkas Cooksey.

Selain itu, regenerasi kutikula pada kulit sekitar jari menimbulkan rasa perih dan menyakitkan. Kondisi ini bisa berakhir dengan iritasi dan trauma pada kuku serta kulit jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com