Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tompi: Biaya Operasi Plastik seperti Harga Gado-gado

Kompas.com - 02/09/2015, 15:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com –- Semenjak zaman Mesir kuno, wanita tak bisa dipisahkan dengan ritual mempercantik diri. Buktiknya, Ratu Mesir, Cleopatra, dikabarkan memiliki rangkaian perawatan diri yang tidak sedikit. Tujuannya, tentu saja, untuk membuat wajah lebih cantik, awet muda, dan tubuh yang elok.

Seiring waktu dan peradaban, kemajuan teknologi membawa industri kecantikan pada fase yang serba cepat dengan hasil maksimal. Salah satunya adalah bedah kosmetik dan operasi plastik.

Fenomena operasi plastik dengan hasil menawan yang dilakukan sebagian besar wanita Korea Selatan, tak bisa dimungkiri lumayan “berjasa” membuat hal ini menjadi bagian dari gaya hidup yang kasual. Tak terkecuali di Indonesia.

Bicara soal operasi plastik yang kabarnya memerlukan biaya besar. Sebenarnya, berapa sih dana yang dibutuhkan untuk satu kali tindakan bedah kosmetik ini?

Dalam acara Kompasiana di Kompas TV beberapa waktu lalu,ahli bedah plastik sekaligus musisi profesional,  dokter Tompi, mengatakan bahwa sebenarnya tak ada harga patokan untuk bedah estetika.

"Tidak ada harga patokan untuk estetika.  Tempat atau klinik berbeda, maka tekniknya juga berbeda. Ini bukan karena dokternya andal atau tidak," ujar dokter Tompi.

Kemudian, dia memberikan analogi gado-gado untuk menggambarkan operasi plastik. Dokter Tompi menyebutkan, harga operasi plastik seperti harga gado-gado. Ada yang dijual di restoran dalam mal, tapi ada pula yang dijual di warung kaki lima. Jadi, meskipun menggunakan bahan yang sama, tapi lokasi dan cara pengolahan gado-gado berbeda. Dua hal inilah yang nantinya mempengaruhi harga gado-gado.

Selanjutnya, dokter Tompi menegaskan bahwa fasilitas dari klinik operasi plastik sebenarnya sangat mempengaruhi harga. Namun, dokter Tompi mengingatkan, tak ada operasi palstik yang murah.

Pasalnya, materi yang digunakan untuk operasi plastik memiliki harga yang sangat mahal, bahkan untuk ukuran yang terkecil.

Nah, pemaparan dokter Tompi tersebut bisa disimpulkan bahwa jika ada harga operasi plastik dengan kisaran murah, sebaiknya Anda curiga. Sebab, kemungkinan besar praktek tersebut ilegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com