Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Busana Apa Saja yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri?

Kompas.com - 03/09/2015, 13:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber elitedaily

KOMPAS.com - Mungkin beberapa dari Anda yang tertarik dengan keragaman warna busana, sudah mengetahui interpretasi yang dimaksud. Salah satunya adalah busana bewarna hitam yang hampir setiap wanita memilikinya. Rona gelap ini selain kerap digunakan pada acara formil, juga dikenal sebagai salah satu warna untuk mengungkapkan rasa sedih terdalam atau belasungkawa. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, percaya atau tidak, busana warna hitam ternyata memiliki fungsi lebih, yakni dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang secara drastis. 

Dari peneltian yang dilakukan terhadap 1.000 orang dari retailer busana Buy T-Shirts Online, ditemukan bahwa busana bewarna hitam ternyata menjadi yang paling digemari oleh para pengonsumsi busana.

Para responden yang terdiri dari 48 persen wanita dan 64 persen pria ini diberi pilihan berbagai warna busana untuk membuat mereka menjadi lebih percaya diri. Hasilnya, 45 persen responden memilih warrna hitam, 35 persen responden memilih warna biru, dan 25 persen memilih warna putih. Dilanjutkan dengan warna hijau sebanyak 18 persen, coklat 15 persen, dan merah 12 persen.

Penelitian ini menemukan kalau sebanyak 66 persen responden wanita setuju bahwa warna hitam adalah warna paling atraktif yang dikenakan oleh lawan jenis. Selain itu, 54 persen responden wanita juga mengatakan bahwa mereka akan memilih warna merah untuk dikenakan saat kencan pertama agar terlihat lebih seksi dan menarik.

Hasil lainnya yang cukup mengejutkan adalah sangat jarang wanita mengenakan warna oranye dan coklat untuk acara yang memerlukan kepercayaan diri. Hanya sekitar dua persen dari wanita dan enam persen dari pria yang berpikir wajar mengenakan warna oranye pada kencan pertama mereka. Hanya lima persen dari responden yang merasa tidak masalah ketika mengenakan warna coklat pada momen kencan. Fakta lain yang ditemukan adalah berhubungan dengan warna merah dan merah muda. Jika warna merah dianggap cenderung mencerminkan sifat arogan, warna merah muda yang banyak digemari wanita malah selalu dinilai sebagai warna yang kurang mencerminkan intelegensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com