Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Wanita Ini Kampanyekan Tampil Cantik dengan Rambut Beruban

Kompas.com - 03/09/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Munculnya rambut yang mulai memutih atau uban di sela-sela warna hitam rambut Anda merupakan tanda awal terjadinya proses penuaan. Munculnya uban seringkali disambut dengan keresahan dan kecemasan oleh kaum wanita karena dianggap mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, tidak sedikit wanita maupun pria memilih untuk mewarnai rambut mereka guna menutupi kehadiran uban yang semakin bertambah.

Namun, tahukah Anda kalau para wanita berikut sama sekali tidak malu dengan penampilan rambut mereka yang sudah dipenuhi uban. Malahan, mereka tampil dengan begitu percaya diri. Ketika Denise O'Neill (52), seorang asisten administrasi dari Belfast, Irlandia mulai melihat rambutnya beruban, ia memang mulai merasakan kecemasan. Namun, dengan dukungan orang-orang di sekitarnya, ia pun berpikir bahwa uban tanpa disadari juga meningkatkan kecantikannya.

"Saya berusia pertengahan 30-an ketika saya menutupi uban saya. Namun, ketika saya berusia 46 tahun, saya menyadari bahwa memiliki rambut kecoklatan sebenarnya malah membuat saya kelihatan lebih tua. Saya memutuskan untuk tidak mewarnai rambut," ujar O'Neill.

Butuh waktu setidaknya setahun bagi O'Neill untuk menghilangkan warna cat dari rambutnya. Ia pun memotong pendek rambutnya. Menurut O'Neill, rambutnya kini menjadi lebih sehat. Selain itu, tampil dengan rambut beruban pun membuat wajahnya terlihat lebih berseri dan menyamarkan tanda-tanda penuaan pada wajahnya.

Teman-teman yang menyukai penampilan O'Neill dengan rambut beruban pun terinspirasi untuk tidak pula menutupi rambut putih atau uban mereka. Akhirnya, O'Neill membuat sebuah blog bernama Grey Is OK tentang pengalaman pribadinya dan untuk memberikan inspirasi serta dukungan bagi para wanita. Inilah permulaan persahabatannya dengan Sharon Rogers (51) yang tampil begitu memukau dengan rambutnya yang berwarna keperakan karena sudah ditutupi uban.

Rogers mengaku, uban begitu cepat hadir di antara rambutnya. Sehingga, ia menjadi sangat sering mewarnai rambut untuk menutupi uban. Bahkan, saat ia pertama kali menemukan uban di rambutnya, sang ibunda belum memiliki uban sama sekali.

"Ibu saya sendiri belum menemukan sehelai uban pun di rambutnya ketika saya pertama kali menemukan uban di rambut saya pada usia 15 tahun. Saat berusia 20 tahunan, uban membuat saya merasa tua sehingga saya mengecat rambut menjadi berwarna cokelat," kenang Rogers.

Rogers dan O'Neill pun saling bertemu melalui blog ciptaan O'Neill dan keduanya langsung berteman baik. Kemudian, mereka berdua memutuskan untuk bertemu dengan 16 wanita lainnya di London yang kini disebut dengan "Silver Sisters". Mereka saling bertemu secara rutin dan begitu akrab bersama. Beberapa orang dari grup tersebut pun berfoto dengan pose yang begitu mengagumkan, lengkap dengan penampilan rambut mereka yang telah beruban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com