Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Wanita Muda Indonesia Tampilkan Karya Penuh Ketenangan

Kompas.com - 05/09/2015, 11:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Seniman fotografi muda Indonesia, Kinez Riza (26), menghadirkan karya-karya fotografi bertema unik dan sarat makna. Pameran tunggal bertajuk Selubung Hening ini pun memiliki kekuatan energi yang memberikan rasa nyaman bagi penikmatnya melalui kinesiologi dan body wisdom.

Sebanyak 38 karya fotografi mengangkat keindahan alam dan turut mengajak penikmatnya agar dapat meresapi dan memandang realita serta dunia yang ditinggali saat ini. Dimana dianggap sangat berbeda bila kita membaca setiap penanda yang terserak di alam semesta secara seksama. Kinez memandang, pada setiap elemen alam terekam keriuhan dari setiap peradaban yang berhasil dilalui, ditampilkan dengan rendah hati, tenang, dan hening.

Dengan menggunakan fotografi sebagai media utama, Kinez menangkap keheningan tersebut melalui karya-karyanya. Kinez meresapi kehidupan melalui banyak obyek yang ditemukannya ketika melakukan perjalanan ke berbagai situs purbakala atau mengasingkan diri dari keseharian. Kinez menyimpan rekaman pengalaman dan perjalanan alam serta keriuhan dari peradaban sebelumnya dalam setiap obyek.

"Saya memang suka ke alam liar. Di alam itu saya merasa hening, tidak perlu banyak bertanya atau mengkhawatirkan apapun. Tidak ada keriuhan dan saya merasa bahagia," ujar Kinez dalam pembukaan pameran tunggalnya di Salian Art Gallery, Bandung, Jumat (4/9/2015).

Kinez pun mengaku sangat gembira karena dapat menghadirkan karya-karyanya yang dapat dinikmati banyak orang. Ia pun bahagia karena memperoleh kesempatan untuk memamerkan karya-karya terbarunya yang bertajuk Selubung Hening tersebut.

"Saya ingin mengajak pengunjung untuk melepas keriuhan dan masuk ke dalam keheningan untuk merasakan keindahan serta keagungan alam yang mulai terlewatkan. Dengan kembali melihat esensi alam yang agung, saya berharap dapat memberikan energi lebih bagi yang melihat untuk memuliakan Ilahi sebagai sang pencipta dan bersyukur atas kehidupan yang dimiliki," jelas Kinez.

Kinez memaparkan, melalui fotografi, ia berusaha membawa kesadaran menjadi manusia berhubungan dengan alam. "Saya berharap karya yang ditampilkan dapat menjadi hiburan spiritual yang dapat menyejukkan hati para pengunjung," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com